Breaking News:

Berita Kalteng

Presiden Jokowi Akan Canangkan Lumbung Padi Nasional di Eks PLG Pulang Pisau dan Kapuas

Sejumlah menteri datang ke kawasan eks PLG yang akan menjadi kawasan lumbung padi nasional yang rencananya akan diresmikan presiden Jokowi

istimewa/humas pemprov kalteng
Kedatangan, Menteri Koordinator Perekonomian dan Perdagangan , Airlangga Hartarto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil serta Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga didampingi Gubernur H Sugianto Sabran dan Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan food estate di Eks PLG Kapuas dan Pulangpisau, Kalteng, Sabtu (27/6/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kedatangan sejumlah menteri ke Kalimantan Tengah untuk melakukan pemantauan kawasan pengembangan pertanian di eks Pembukaan Lahan Gambut (PLG) yang gagal dilaksanakan saat Presiden Soeharto memimpin, kini akan dilanjutkan oleh Presiden Jokowi.

Menteri Koordinator Perekonomian dan Perdagangan Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, saat berkunjung ke Kalteng, bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil serta Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, Sabtu (27/6/2020) mengatakan, pihaknya sangat serius dalam pengembangan pertanian yang sempat gagal dilakukan dalam pemerintahan orde baru tersebut.

Menurutnya, kedatangan beberapa menteri ke kawasan eks PLG di Pulangpisau dan Kapuas tersebut, karena dalam pencanangan kawasan tersebut untuk dijadikan kawasan pengembangan pertanian food estate tersebut, akan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Airlangga mengatakan, peta kawasan Eks PLG tersebut, sudah pihaknya periksa secara detil untuk dikembangkan sebagai pembukaan lahan baru pertanian sehingga tindaklanjutnya mereka berkunjung ke lokasi untuk melihat secara langsung kawasan tersebut sebelum proyek dilaksanakan.

Bangun Food Estate di Eks PLG Kapuas dan Pulangpisau, Pemerintah Pusat Siapkan Rp 6 Triliun

Jembatan Tumbang Samba Kalteng Dukung Akses Program Food Estate

Pekerja Lokal Dilatih Gunakan Alat Canggih Kembangkan Food Estate di Eks PLG

"Kawasan yang akan dibangun sebagai lokasi pengembangan pertanian di Kapuas dan Pulangpisau selama ini tidak pernah terbakar pada setiap kejadian kebakaran lahan. Sehingga bisa disimpulkan lokasi ini memang sudah pas untuk pengembangan pertanian untuk ketahanan pangan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pulangpisau, Edy Pratowo, mengatakan, lokasi pengembangan pertanian tersebut merupakan lokasi transmigrasi eks 82 dan 83 .

"Masyarakatnya sudah secara turun-temurun sudah membaur dengan masyarakat lokal, sehingga warganya tidak mau lagi kembali ke pulau Jawa, karena sudah menyatu dengan penduduk lokal," ujarnya.

(banjarmasinpost.co id / Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved