Breaking News:

Berita Kalteng

Abrasi Pantai Ujung Pandaran Teluk Sampit Makin Parah, Bangunan Sabuk Pemecah Ombak Diharap Kokoh

Pemkab Kotawaringin Timur, telah berupaya mengatasi abrasi di Pantai Ujung Pandaran di Teluk Sampit dengan memasang batu pemecah ombak.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Fathurahman
Kondisi abrasi yang terjadi di Objek Wisata Pantai Ujung Pandaran di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hingga, Senin (29/6/2020) makin parah 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Pemerintah Kabupaten, Pemkab Kotawaringin Timur, telah berupaya mengatasi abrasi di Pantai Ujung Pandaran di Teluk Sampit dengan memasang batu pemecah ombak.

Namun, meski beberapa kali dipasang mencegah hantaman ombak, masih saja kalah kuat sehingga susunan pasir dalam karung, maupun susunan batu pemecah ombak yang telah beberapa kali di pasang ambruk.

Sementara itu, keterangan dari petugas penjaga Pantai Ujung Pandaran, Mar'in Indra Jaya, mengungkapkan, dalam beberapa bulan belakangan hantaman ombak ke bibir pantai memang sangat kencang sehingga merusak sebagian fasilitas yang dibangun.

Bahkan sebut dia, batu atau sabuk pemecah ombak yang dibangun oleh pemerintah setempat tidak mampu menghalau kerasnya hantaman ombak laut Jawa sehingga banyak fasilitas yang mengalami kerusakan akibat abrasi yang kian menggila tersebut.

Jalani Rapid Test, 20 Karyawan dan Nakes di RSUD Sultan Suriansyah Reaktif

Wajib Surat Rapid Test Masuk Kalteng, Pengusaha Ekspedisi Akui Alami Penurunan Omzet 20 Persen

Liga I Resmi Digelar Oktober, Barito Putera Akan Negoisasi Kontrak Pelatih dan Pemain

Pilkada Kalsel 2020 - DPD Golkar Kalsel Usulkan Duet Sahbirin-Muhidin ke DPP, Begini Pertimbangannya

Meski begitu sebutnya, pengelola pantai masih berusaha untuk memasang batu pemecah ombak lainnya yang dibangun lebih permanen meskipun belum semua bibir pantai yang dibangun sabuk pemecah ombak tersebut.

"Semoga batu pemecah ombak yang baru dibangun mampu mencegah abrasi," ujarnya.

Meskipun kondisi abrasi Pantai Ujung Pandaran yang merupakan objek wisata kebanggaan warga Kotawaringin Timur, makin parah mengakibatkan kerusakan beberapa fasilitas pendukungnya, namun itu tak mempengaruhi antusias pengunjung. Jumah pengunjung malah makin banyak berdatangan ke pantai ini.

(banjarmasinpost.co.id/fathurahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved