Ekonomi dan Bisnis

Pasca-PSBB Usaha Jasa Servis Komputer Mulai Kembali Ramai Pelanggan

Usaha jasa servis komputer yang sempat mengalami penurunan pelanggan bersamaan munculnya pandemi Covid-19, kini kembali menggeliat.

banjarmasinpost.co.id/Leni Wulandari
Salah Satu Jasa Servis Komputer di Kota Banjarmasin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jasa servis komputer yang juga sempat mengalami penurunan jumlah pelanggan bersamaan dengan kemunculan pandemi Covid-19, perlahan kini mulai berangsur normal kembali.

Didominasi oleh pelanggan dari kalangan mahasiswa, hal ini turut berimbas pada sepinya pelanggan yang datang mengeluhkan kondisi perangkat komputer yang bermasalah.

Pasalnya, sejak kemunculan pandemi yang begitu membahayakan di Indonesia termasuk kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada awal tahun 2020 lalu juga mengakibatkan diliburkannya beberapa aktivitas kerja.

Liburnya beberapa kegiatan sekolah hingga perkuliahan di kota Banjarmasin rupanya berimbas kepada sektor usaha jasa servis komputer yang ada.

Salah satunya yang dialami oleh jasa servis komputer di Toko Service Laptop dan HP A&W di Jalan Cemara Raya No. 21, kelurahan Sungai Miai, kecamatan Banjarmasin Utara.

Bank Kalsel Luncurkan Promo Voucher Makan Diskon Hingga 20 Persen, Ini Syaratnya

Positif Covid-19 di Kalteng Tambah 42 Orang, Penularan Sampai Tingkat Komunitas Sulit Dikendalikan

Tak Nyalakan Lampu Motor saat Berkendara di Siang Hari Bisa Dipenjara, Begini Penjelasannya

Update Covid-19 di Kalsel : Kasus Positif Hari Ini Capai 39 orang, Terbanyak dari Banjarmasin

Pemilik toko servis perangkat komputer tersebut, Eko (28), mengatakan sempat mengalami penurunan omzet hingga 50 persen dari awal Maret hingga pertengahan Juni 2020, kini kemunculan pelanggan sudah mengalami kenaikan sekitar 75 persen.

Ia juga menyampaikan adanya libur kuliah bagi mahasiswa turut mempengaruhi berkurangnya jumlah pelanggan servis yang datang.

Sebab selain dari kalangan umum, mahasiswa cukup mendominasi dalam perbaikan perangkat komputer di toko miliknya itu.

"Kalau awal-awal menurun drastis. Untuk sekarang mahasiswa sudah jarang, kebanyakan orang sekitar. Tapi kalau hari-hari biasa sebelum libur Memnag kebanyakan mahasiswa. Soalnya lokasi toko kita dekat kampus," ucap Eko pada Senin (29/6/2020).

Hal yang sama juga dialami salah satu toko servis komputer Akhmad Komputer di Jalan Kayu Tangi, kelurahan Pangeran, kecamatan Banjarmasin Utara.

Menurut karyawan toko, Irvan (22), toko jasa servis komputer tempatnya bekerja belakangan bahkan hanya dikunjungi satu pelanggan dalam satu minggu.

Penurunan omzet akibat pandemi diperkirakan mencapai 80 persen hingga pertengahan Juni bulan ini.

"Satu minggu ada yang hanya satu pelanggan yang datang. Tapi setelah masa PSBB (pembatasan sosial berskala besar) ini sudah mulai lumayan. Ya, walaupun tidak kembali seperti semula saya keadaan normal, sekarang dalam satu minggu ada peningkatan menjadi tiga atau empat orang yang mau servis komputernya," ujar Irvan.

(banjarmasinpost.co.id/ leniwulandari)

Penulis: Leni Wulandari
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved