Berita Tanahlaut

VIDEO Jejak Sejarah Perjuangan di Gunung Timah Tanahlaut

Palagan Batakan, tugu penanda bahwa di daerah Desa Tanjung Dewa pernah terjadi pertempuran antara pejuang setempat melawan tentara Belanda

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Saat menuju Pantai Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, kita akan disambut monumen berupa tugu dengan relief menggambarkan pejuang kemerdekaan.

Ya, itulah Palagan Batakan, tugu penanda bahwa di daerah Desa Tanjung Dewa tersebut pernah terjadi pertempuran antara pejuang setempat melawan tentara Belanda pada agresi militer tahun 1946.

Sekitar 100 meter dari Palagan Batakan, kita juga disodori monumen berupa tugu namun lebih kecil, berlokasi di kanan jalan. Latar belakang tugu adalah bukit atau masyarakat menyebutnya gunung Timah.

Monumen di situ juga penanda bahwa dari atas gunung Timah itu sejumlah pejuang menghadang pasukan penjajah yang sebelumnya masuk melalui pantai Batakan.

VIDEO Dinas Pariwisata Kabupaten Tanahlaut Membenahi Pantai Batakan

Jajaran Polda Kalsel Ziarah ke Makam Pahlawan, Irjen Nico Ajak Teladani Perjuangan ini

Kalselpedia: Tugu Perjuangan 7 Februari Pagatan Tanahbumbu

Sebelas pejuang gugur dan dimakamkan di kaki gunung, lokasinya tepat di belakang monumen. Namun jasad pejuang kemudian dipindahkan oleh pemerintah setempat ke Taman Makam Pahlawan di Pelaihari.

Kini, sejak 2018 lalu Gunung Timah menjadi obyek wisata. Pengunjung bisa naik ke puncak melalui anak tangga beton. Di puncak ada benteng peninggalan masa perjuangan.

Haris Ripani, aparat Desa Tanjung Dewa, mengatakan, saat ini terus dilakukan pembenahan untuk obyek wisata sejarah tersebut, di antaranya merapikan bekas makam dan ada prasasti bertulis nama-nama pejuang yang gugur.

Rusli, warga setempat yang merupakan keturunan dari pejuang, berharap, melalui obyek wisata gunung Timah maka masyarakat luas bisa mengetahui sejarah perjuangan di situ. (Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved