BBPOM Banjarmasin

Hari Keamanan Pangan Dunia (World Food Safety Day), Keamanan Pangan di Ritel pada Masa New Normal  

Hari Keamanan Pangan Dunia (World Food Safety Day), Keamanan Pangan di Ritel pada Masa New Normal.  

BBPOM Banjarmasin
Selamat hari Keamanan Pangan Dunia. Keamanan pangan tanggung jawab bersama. 

Editor: Royan Naimi

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berdasarkan Undangan-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dijelaskan bahwa Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, cemaran kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Tanggal 7 Juni 2020 merupakan Hari Keamanan Pangan Dunia yang Ke-2, setelah peringatan pertama dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2019. Tujuan peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia tahun 2020 ini adalah untuk menarik perhatian dan menginspirasi tindakan untuk membantu mencegah, mendeteksi dan mengelola risiko bawaan makanan, berkontribusi pada ketahanan pangan, kesehatan manusia, kemakmuran ekonomi, pertanian, akses pasar, pariwisata dan  pembangunan berkelanjutan.

Tema  pada peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia 2020 ini  adalah Safe Food in Markets, tema tersebut diambil karena pasar (modern, tradisional) merupakan tempat aktivitas berbagi lapisan masyarakat kontak dengan pangan dan orang lain,  juga merupakan tempat yang berisiko dalam menyebarkan penyakit bawaan pangan dan penyakit lainnya seperti COVID-19.

Selain hal tersebut di atas, isu lain yang berkembang adalah kurangnya kontrol  terhadap keamanan pangan yang dijual,  perilaku keamanan pangan,  keterbatasan infrastruktur kesehatan lingkungan seperti air bersih, penanganan sampah, pembagian zona untuk hewan hidup,  pangan segar dan siap saji menimbulkan risiko penyebaran penyakit termasuk penyakit bawaan pangan.

Keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, produsen dan konsumen.  Setiap orang memiliki peran untuk bermain dari pertanian hingga pangan sampai dihidangkan di meja, untuk memastikan makanan yang kita konsumsi aman dan tidak akan merusak kesehatan kita.

Terdapat lima seruan aksi, terhadap tanggungjawab masing-masing pihak, yaitu :

1.  Ensure it’s safe, dimana Pemerintah harus memastikan produk pangan tetap aman dan bergizi untuk semua.

2. Grow it safe, yaitu penerapan good practices oleh produsen produk pertanian dan pangan.

3. Keep it safe, bahwa pelaku usaha harus memastikan produk pangan tetap aman.

Halaman
1234
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved