Berita Tanahlaut

Perbaiki Taraf Hidup Perajin Arang, Pengusaha Tala Ini Berencana Bangun Pabrik Briket

Pengusaha Tanahlaut ini rencanakan bangun pabrik briket. Tujuannya, untuk mengangkat taraf kehidupan warga Tanahlaut

istimewa
TINJAU - Nurdin (kedua kiri) bersama pengurus Kadin Tala saat meninjau dan berinteraksi dengan perajin arang di Ranggang, awal April lalu._wm 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Lemahnya posisi tawar perajin arang di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), terhadap harga jual menjadi perhatian sejumlah pihak di daerah ini.

Kondisi tersebut menyebabkan tak kunjung membaiknya taraf hidup pra perajin arang. Hal ini dikarenakan penghasilan mereka hanya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Hal itu menjadi perhatian khusus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tala dan kalangan pengusaha setempat.

Mereka ingin membantu mengangkat taraf hidup para perajin arang di Tala yang terkonsentrasi di Desa Ranggang, Kecamatan Takisung.

Lindungi Perajin Arang, Kadin Tanahlaut Desak Pemkab Tanahlaut Segera Tuntaskan Masalah Regulasi

Harga Jual Arang di Tanahlaut Dikeluhkan Tidak Stabil, Sebabnya Buyer Besar Disebut Lakukan Ini

Militer Korea Utara Masih Pakai Barang Jadul, Tapi Inilah Kekuatan Utama Tentara KPAAF

Jika Kadin Tala membantu melalui asistensi dan akselerasi regulasi terhadap tata niaga arang, lain lagi upaya yang diwacanakan salah seorang pengusaha di Tala, Muhammad Noor,

Lelaki ramah yang familiar disapa Nurdin ini berkeinginan membangun pabrik briket arang.

Kabarnya, pabrik tersebut akan dibangun di kawasan Matah, Pelaihari, yang juga terakses langsung dengan jalur utama ke Desa Ranggang.

Dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id mengenai hal itu, Nurdin tak menepisnya. Namun ia juga belum dapat memastikan tentang realisasinya.

"Akan kita pelajari dulu sisi ekonomisnya. Perlu saya pertimbangkan dulu biaya dan pasarnya," ucap Nurdin, Selasa (30/6/2020).

Pengusaha tambang batu bara ini mengaku cukup tertarik terjun ke industri arang. Namun tujuannya utamanya bukan karena prospek pasar yang cerah, tapi guna turut membantu melindungi petani arang di Tala.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved