Tajuk

Tugas Ekstra Bhayangkara

Ada nada kejengkelan sekaligus ajakan dari Jokowi kepada anggota kabinet dan lembaga-lembaga pemerintah

BANJARMASINPOST.CO.ID - “TOLONG garis bawahi, dan perasaan itu tolong kita sama, ada sense of crisis yang sama.” Kalimat tersebut merupakan bagian dari pernyataan keras yang dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet, 18 Juli 2020 kemarin.

Ada nada kejengkelan sekaligus ajakan dari Jokowi kepada anggota kabinet dan lembaga-lembaga pemerintah untuk memiliki perasaan yang sama bahwa saat ini Indonesia masih dalam kondisi krisis karena pandemi covid-19. Karena itu perlu tindakan ekstra dalam kebersamaan untuk menanganinya.

Sebagai bagian dari pemerintah, tentu ajakan ini juga ditujukan kepada institusi Polri. Bahkan, korps Bhayangkara ini memiliki peran penting dalam penanganan pandemi.

Ancaman pandemi belum berakhir. Tidak hanya berdampak pada kesehatan tetapi juga sektor lain, terutama ekonomi. Bila tidak ada penanganan yang serius, kondisi ini bisa menjadi ancaman yang membahayakan. Krisis kesehatan diiringi krisis ekonomi bisa memantik krisis sosial dan krisis politik. Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terancam.

Di sinilah peran penting keberadaan Polri dalam penanganan pandemi covid-19. Polri tidak bisa lagi bekerja normal. Tugas Polri bukan semata penegakan hukum. Menjaga kamtibmas. Tugas ekstra kini berada di pundak jajaran Polri. Yakni, mendukung kerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Tugas ini merupakan tantangan baru bagi Polri. Bekerja secara profesional dan berintegritas serta ikut aktif bekerja sama dengan kementerian, lembaga pemerintah, dan seluruh komponen untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Untuk penanganan pandemi, peran penting Polri adalah intens mengedukasi dan mengingatkan masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan.

Di sisi lain, melalui tugas ekstra ini, Polri bisa lebih dekat dan tentu dapat “mengambil hati” masyarakat. Melalui pendekatan humanis dalam mengedukasi masyarakat terkait pandemi covid-19, kepercayaan publik terhadap Polri diharapkan bisa lebih kuat.

Selamat Hari Bhayangkara. Semoga selalu profesional, berintegritas, dan humanis. Kamtibmas kondusif, masyarakat hidup tenang dan semakin produktif. (*)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved