Berita Banjarbaru

Waspada Penipuan Rekrutmen Pegawai PLN, Begini Cara Memastikan Kebenarannya

Waspada Penipuan Rekrutmen Pegawai PLN, Begini Cara Memastikan Kebenarannya

PT PLN (Persero) UIW KSKT
Saat ini marak beredar informasi palsu atau hoaks terkait rekrutmen yang mengatasnamakan PLN. perusahaan penyedia tenaga listrik tersebut. 

Editor: Royan Naimi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap tawaran rekrutmen pegawai PLN.

Pasalnya, saat ini marak beredar informasi palsu atau hoaks terkait rekrutmen yang mengatasnamakan perusahaan penyedia tenaga listrik tersebut.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng, Syamsu Noor, menegaskan PLN tidak melakukan korespondensi atau kerja sama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan untuk program rekrutmen.

Selain itu, pihaknya juga tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan.

“Modus penipuan terkait rekrutmen pegawai PLN yang beredar saat ini ada embel-embel membayar jasa transportasi, dapat kami pastikan itu informasi hoaks. Tahapan seleksi penerimaan pegawai PLN tidak dipungut biaya satu rupiah pun,” jelasnya.

Syamsu menjelaskan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan para pelamar kerja untuk mengenali informasi rekrutmen PLN yang beredar asli atau palsu.

Salah satunya adalah dengan melihat proses pengiriman dokumen peserta. Rekrutmen PLN yang asli tidak pernah meminta calon peserta untuk mengirimkan dokumen melalui email, melainkan dengan sistem upload di situs rekrutmen resmi PLN, yakni www.rekrutmen.pln.co.id.

“PLN hanya merekrut pegawai melalui member online dalam aplikasi berbasis web yang dapat diakses di www.rekrutmen.pln.co.id, semua kelengkapan dokumen rekrutmen pegawai hanya diupload melalui situs tersebut, tidak ada kirim-kirim melalui email,” ungkap Syamsu.

Syamsu menambahkan, selain untuk menghindari segala macam bentuk penipuan terkait rekrutmen PLN, website www.rekrutmen.pln.co.id juga memungkinkan siapapun untuk melihat informasi berkaitan dengan rekrutmen PLN yang tersedia secara nasional dan ditujukan untuk berbagai jenjang pendidikan. Sehingga memungkinkan para pencari kerja untuk dapat mengambil peluang tes di beberapa daerah.

“Di website resmi rekrutmen PLN, para pencari kerja bisa memantau peluang tes penerimaan pegawai secara nasional, jika gagal di satu daerah bisa mengambil peluang di daerah lainnya dengan tenggat waktu minimal 6 bulan setelah tes di daerah sebelumnya,” pungkasnya. (aol/*)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved