Breaking News:

Berita Jakarta

Bikin 3 Aturan Bersepeda, Kemenhub Siapkan Regulasi Sepeda Salah Satunya Infrastruktur

Pesepeda meningkat di tengah pandemi Covid-19. Bersepeda dinilai menjadi kegiatan yang aman dilakukan di tengah pandemi.

banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Warga melakukan olahraga bersepeda berkeliling Kota Sampit. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Pesepeda meningkat di tengah pandemi Covid-19. Bersepeda dinilai menjadi kegiatan yang aman dilakukan di tengah pandemi.

Namun menurut Institut For Tranporstation and Development Policy (ITDP) Indonesia hak dan kewajiban pesepeda belum terjamin sebab angka kecelakaan sepeda berbanding lurus dengan peningkatan penggunanya.

Adhita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan RI mengatakan Kemenhub memperhatikan hal tersebut karena pihaknya sebagai regulator yang perlu untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan pengguna jalan.

"Kami saat ini sedang melakukan kajian internal untuk menciptakan aturan yang nantinya bisa menjamin keselamatan dan keamanan dari pesepeda," ujar Adhita dalam wawancara Radio Sonora Jakarta, Kamis (3/7/2020).

Dituding Lakukan Praktik Tying-in & Persaingan Tak Sehat, Grab Didenda Rp 29,5 Miliar

IDUL Adha 1441 H Jatuh Hari Jumat? Ayo Cek Kadender 2020, Saatnya Siapkan Dana untuk Berkurban

UPDATE Harga Hewan Kurban Jumat 3 Juli 2020 Jelang Idul Adha 1441 H, Sapi Mulai Rp 14 Jutaan

Adhita pun menyebutkan ada tiga aturan yang sedang disiapkan Kemenhub. Yang pertama, sepeda harus bisa memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan. Yang kedua, pesepeda itu sendiri atau orang yang menggunakan sepeda. Yang terakhir soal infrastruktur seperti jalan yang digunakan sebagai jalur sepeda.

"Jadi kalau dari sepeda harus bisa memenuhi keselamatan. Contohnya, jika pesepeda bertemu dengan sepeda yang lain atau pejalan kaki kita harus bisa memberikan alrm peringatan seperti bel yang seharusnya ada," jelas Adhita.

Menurut Adhita, adanya regulasi sangat penting dilakukan untuk meminimalisir insiden terburuk yang bisa menimpa pesepeda atau masyarakat lainnya.

Di sisi lain terkait isu yang beredar soal pajak, Adhita menyatakan hal itu tidak benar karena Kemenhub bukan pihak yang mengatur hal tersebut.

"Tidak benar (sepeda akan dikenakan pajak), kami bukan sebagai pihak yang berwenang akan hal itu. Sampai saat ini tidak ada rencana itu," tegas Adhita.

https://www.sonora.id/read/422225400/kemenhub-tengah-siapkan-regulasi-sepeda-salah-satunya-infrastruktur?utm_source=kompas.com&utm_medium=referral&utm_campaign=kompas.com homepage

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved