Breaking News:

Berita Banjarmasin

Hari Terakhir PPDB Online Tingkat SMA di Kota Banjarmasin, Peserta Terverifikasi Melebihi Kuota

Memasuki hari terakhir PPDB online tingkat SMA, peserta di sejumlah sekolah terkonfirmasi sudah melebihi kuota tersedia.

banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi
SMAN 5 Banjarmasin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki hari terakhir PPDB online tingkat SMA, peserta di sejumlah sekolah di Kota Banjarmasin terkonfirmasi sudah melebihi kuota tersedia.

Di SMA Negeri 5 Banjarmasin jumlah pesertanya sudah mencapai 8 ratus orang, dari total kuota tersedia sebanyak 288 murid.

Total seluruh pendaftar tersebut selanjutnya akan di ranking sesuai tata cara pelaksanaan, yakni jalur zonasi minimal 50 persen, afirmasi minimal 15 persen, prestasi maksimal 30 persen dan perpindahan orangtua maksimal 5 persen.

"Sudah terpenuhi, malah di sekolah Kami pesertanya sudah melampaui jumlah Kuota. Rencananya 288 itu untuk sembilan Rombongan Belajar (Rombel)," kata Kepala SMA Negeri 5 Banjarmasin, Mukhlis Takwin. Jumat (03/07/2020) sore.

Lanjut Mukhlis menjelaskan, dari total seluruh pendaftar tersebut sudah memencukupi semua jalur penerimaan, terkecuali jalur perpindahan orangtua.

Ciduk Tiga Pengedar Sabu di Banjarmasin, Petugas Temukan 20 Gram Sabu

Fenomena Langit yang Terjadi di Juli 2020, mulai Gerhana Bulan Penumbra & Matahari di Atas Kakbah

Masuk Zona Hitam Covid-19, Warga Kelurahan Pekapuran Raya Ini Resah

Agar jumlah kuota sekolah terpenuhi melalui semua jalur, Muklis berencana memindahkan sisa kuota perpindahan orangtua ke jalur zonasi.

Menurutnya hal tersebut memungkinkan terjadi, sebab pada petunjuk teknis pelaksanaan PPDB online, kuota jalur zonasi merupakan jumlah minimal, dengan artian masih bisa di lakukan penambahan.

"Jalur zonasi kan minimal 50 persen, kalau minimal berarti masih bisa di tambah jadi 52 persen. Jadi sisa kuota perpindahan orangtua dimasukkan ke jalur zonasi," jelasnya.

Hal yang sama juga terjadi di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Pada hari terakhir PPDB online, jumlah peserta yang sudah terverifikasi mencapai 2 ribu lebih.

Padahal jumlah kuota tersedia hanya 608 murid, yang terbagi dalam 19 Rombel.

Namun tidak seperti SMA, jalur pendaftaran untuk SMK hanya ada tiga yakni reguler 75 persen, afirmasi 20 persen, dan perpindahan orangtua 5 persen.

"Iya sudah terpenuhi semua jalur, jadi tinggal penyaringan saja lagi yang belum," ujar Koordinator PPDB Online SMK Negeri 3 Banjarmasin, Wahyudi.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved