Breaking News:

Tajuk

Zona Hitam

LAGI-LAGI, petugas di faLAGI-LAGI, petugas di fasilitas kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan menjadi korban virus corona atau Covid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID - LAGI-LAGI, petugas di fasilitas kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan menjadi korban virus corona atau Covid-19. Kali ini bisa dikatakan massal. Sebanyak 17 orang di RSUD Sultan Suriansyah di Kota Banjarmasin positif terpapar virus. Padahal, manajemen mereka termasuk yang mengerti tentang bahaya dan juga tentang protokol kesehatan.

Bukti, bahwa bahaya belum lewat. Di lingkungan yang terbilang paling bersih pun, taruh kata paling sehat pun, virus bisa merembes dan menembusnya. Biasanya, satu petugas saja yang terkonfirmasi positif, maka fasilitas kesehatan setempat ditutup untuk sementara waktu. Tapi rumah sakit milik Pemko Banjarmasin tersebut tidak. Layanan kesehatan tetap berlanjut. Mereka yang sakit Covid-19, digantikan yang lain oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Tentu saja, Pemko Banjarmasin meminta manajemen rumah sakit untuk lebih waspada supaya tidak ada lagi petugasnya yang menjadi korban. Mengingat, fasilitas kesehatan ini harus melayani masyarakat yang terus berdatangan dengan segala keluhannya, termasuk kemungkinan terpapar virus corona.

Bagaimana dengan lingkungan di luar rumah sakit tersebut yang berada di kawasan Jalan Rantauan Darat, Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin? Itu baru satu tempat yang nota bene paling higienis?

Faktanya, dari keterangan Kepala Dinas Kesehatan setempat, harusnya cukup membuat miris. Bila sering mendengar zona merah, kini ada sebutan hitam karena positif Covid-nya 50 kasus dan bahkan lebih. Terdapat di 4 kawasan yang demikian, Kelurahan Pekapuran Raya sebanyak 76 kasus, di Kelurahan Pemurus Dalam sebanyak 61 kasus, Kelurahan Pemurus Baru tercatat 52 kasus dan di Kelurahan Teluk Dalam ada 50 kasus. Lebih mengkhawatirkan lagi, masih kata pejabat yang sama, potensi zona hitam bisa bertambah. Sedih sekali.

Lalu, kenapa bisa terjadi, rumah sakit bisa ditembus virus dan juga kemunculan zona hitam yang bahkan bisa bertambah? Tidak ada kata lain: kembali ke diri kita masing-masing. Sudahkah jaga kesehatan? Disiplin diri? Mengenakan masker. jaga jarak, cegah kerumunan, cuci tangan? Kalau sakit, apakah berkata jujur kepada petugas kesehatan? (*)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved