Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Empat Pemuda Kota Barabai Bikin Usaha Kreatif Saat Pandemi, Idenya Muncul Setelah Tonton Drakor

Dikurung pandemi Covid-19 di rumah, ternyata memunculkan ide kreatif sejumlah orang. Di antaranya membuka usaha online seperti empat pemuda HST ini.

istimewa
Empat sahabat dari Kota Barabai HST 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dikurung pandemi Covid-19 di rumah ternyata memunculkan ide kreatif pada sejumlah orang. Di antaranya membuka usaha online.

Ini seperti yang dilakukan empat pemuda asal Kota Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ini.

Muhammad Rijali Rahman, M Syarif, M Herman dan Abdul Basit berkolaborasi menjalankan bisnis penyewaan alat masak barbeque bernama Zabasa Barbeque Barabai. Agar lengkap mereka juga menjual bahannya berupa daging serta bumbu.

Keinginan membikin usaha muncul karena para pegawai honorer tersebut sering bertemu. Keakraban itu hadir sejak mereka indekos di tempat yang sama di Banjarmasin saat kuliah di

Jurusan PGSD FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Ada pun ide awalnya dari drama Korea.

“Ini usaha rumahan secara daring dengan menu makanan mewah layaknya restoran seperti di film drama Korea (drakor). Namun harga yang kami tawarkan relatif murah,” ujar Rijali yang merupakan pegawai honorer di satu instansi Pemkab HST.

Mereka merasa bisnis ini memungkinkan di tengah pandemi. “Kan sekolah libur, kuliah libur, pusat perbelanjaan ditutup, masyarakat banyak di rumah. Nah, kami terpikir menyediakan jasa kuliner ini. Jadi sistem antar ke tempat pemesan. Syukurlah responsnya baik,” ujar Rijali.

Pada awal merintis bisnis Zabasa yang beralamat di Jalan M Ramli Gang Hijrah, Kitun , mereka hanya memiliki dua alat masak.

Seiring pesanan masyarakat yang terus bertambah, mereka pun menambah peralatan menjadi delapan unit.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved