Breaking News:

Headline BPost

Kalsel Zona Merah Harus Laksanakan Pembelajaran Jarah Jauh, Segera Bikin Petunjuk Teknis

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagian dari kebijakan nasional dan diaplikasikan di wilayah zona merah. Maka, Kalsel di zona merah harus laksanakan PPJ.

Kalsel Zona Merah Harus Laksanakan Pembelajaran Jarah Jauh, Segera Bikin Petunjuk Teknis
screenshot
Headline BPost

News Analysis oleh: Dr H Amka MSi, Dosen FKIP ULM

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah menjadi bagian dari kebijakan nasional dan diaplikasikan di wilayah-wilayah zona merah. Maka Kalsel yang merupakan zona merah harus melaksanakan PJJ.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah harus segera menyiapkan sosialisasi ke semua sekolah, baik yang ditangani provinsi maupun yang ditangani kabupaten/kota. Sebab kalau tidak ada kebijakan tingkat provinsi dan kebupaten, sekolah akan menunggu.

Supaya tidak menunggu, dinas pnedidikan harus segera menyiapkan sekolah dan gurunya.

Pertama yang perlu disosialisasikan adalah kebijakannya. Kedua terkait teknis termasuk meminta guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring. Sebab kalau tidak dipandu, guru juga pasti kebingungan bagaimana menyusun RPP daring.

Teknis pembelajaran daring yang kita ketahui beragam. Ada yang telekonferensi video antara sekolah, guru dan murid, ada yang pakai whatsapp, facebook atau SMS.

Ini yang harus dipahamkan Dinas Pendidikan kepada guru untuk menggunakan yang mana dan sebelumnya baiknya disepakati bersama orangtua dan murid. Karena tidak semua sekolah, guru dan murid siap dari aspek kesiapan melaksanakan PJJ.

RPP daring ini harus sesuai dan mengacu pada RPP yang sudah disederhanakan melalui kebijakan nasional dimana garis besarnya yaitu tujuan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Dinas Pendidikan harus membuat ketentuan itu sedemikian rupa agar tidak menyulitkan guru, murid dan orang tua sehingga hasil proses belajar tidak hanya memperhitungkan aspek kognitif saja tapi juga di aspek aplikatif proses.

Lalu, bagaimana RPP daring juga harus bisa mencakup karakter pembelajaran. Kalau ini siap, maka tidak akan ada masalah sistem daring bisa berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran akan tercapai sebagaimana yang diharapkan.

(banjarmasinpost.co.id/acm)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved