Breaking News:

Berita Batola

BPN Kalsel Luncurkan Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik, Batola Sudah Menerapkan, Ini Manfaatnya

Kanwil Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional, Kanwil ATR BPN Kalsel meluncurkan pelayanan Hak Tanggungan Elektronik.

banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Kantor ATR BPN Kanwil Kalsel 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Menuju pelayanan standar dunia, Kanwil Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional Kalimantan Selatan, Kanwil ATR BPN Kalsel, meluncurkan pelayanan Hak Tanggungan Elektronik, Rabu (008/07/2020).

Dengan layanan elektronik, banyak pihak yang dimudahkan karena tidak perlu lagi saling tatap muka satu sama lain. Mulai dari masyarakat, lembaga jasa keuangan, hingga Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT).

Kepala Kanwil BPN Kalsel, Allen Saputra, mengungkapkan ini merupakan satu di antara prospek Ease of Doing Business (EoDB) yang sedang digalakkan pemerintah guna mendukung pertumbuhan iklim investasi nasional.

"Pemberlakuan Hak Tanggungan Elektronik sendiri dimulai 8 Juli 2020 pukul 13.00 Wita di semua kabupaten/kota di Kalsel. Dengan pemberlakuan sistem elektronik, layanan manual dihentikan," tambahnya.

Update Penanganan Covid-19 Kalsel : Terjadi Lonjakan Sebanyak 123 Kasus Positif Corona

Heboh Virus Corona Menyebar di Udara, Partikel Aerosol Covid-19 Seperti Asap Rokok

Kemenkes Tetapkan Batas Tarif Rapid Test Mandiri Rp 150 Ribu, Berikut Tanggapan Asita Kalsel

Beraksi Seorang Diri, Sekuriti Ini Bobol 20 Rumah, Hasilnya Untuk Bayar Kreditan Mobil

Layanan dapat diakses melalui mitra.atrbpn.go.id, Hak Tanggungan Elektronik melengkapi layanan daring lain yang sudah diaplikasikan di sejumlah Kantor BPN di Kalsel.

Dari 13 kabupaten/kota, Baritokuala bahkan sudah menerapkan Hak Tanggungan Elektronik sejak April 2020. Demikian pula Banjarmasin dan Tanahlaut.

"Pengembangan layanan berbasis elektronik tersebut diharapkan bisa menyempurnakan layanan, sekaligus memberi kemudahan kepada masyarakat," sahut Ahmad Suhaimi, Kepala BPN Batola.

Selain Hak Tanggungan Elektronik, BPN Batola sudah memberikan layanan online untuk pengecekan sertipikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SPKT), Zona Nilai Tanah (ZNT), dan roya atau penghapusan utang.

"Selain menyesuaikan era digital, pelayanan daring memperpendek jalur birokrasi dan menghindari pungutan liar," tegas Suhaimi.

Elektronifikasi juga memungkinkan efisiensi waktu pengurusan sertifikat Hak Tanggungan juga menjadi jauh lebih cepat. Dari biasanya 100 hingga 200 hari, hanya menjadi 7 hari.

"Sekarang dengan pemberlakuan Hak Tanggungan Elektronik, pihak-pihak yang terkait dengan kepentingan pertanahan bisa langsung mengakses melalui aplikasi," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Muhammad Tabri) 

Penulis: Muhammad Tabri
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved