Breaking News:

Berita Jakarta

Jokowi Marah Lagi, Kali Ini Pembangunan Tol Cisumdawu Molor, ''Saya Minta Segera Diselesaikan!''

Presiden Joko Widodo kembali meluapkan kejengkelannya, kali ini yang jadi sorotannya yakni proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu)

AAM AMINULLAH/KOMPAS.com
Tunnel project Tol Cisumdawu di wilayah Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat telah selesai dibangun. Namun, pembangunan jalur jalan bebas hambatan ini terlambat dari target yang ditetapkan pemerintah. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Gara-gara proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) di Jawa Barat belum selesai, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) kembali meluapkan kejengkelannya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebut ada sejumlah masalah terkait pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Cisumdawu.

"Terkait pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, kendalanya pembebasan lahan. Kalau pendanaan oleh investor tidak ada masalah karena sudah ada dukungan pemerintah," kata Basuki seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/7/2020).

Jalan tol Cisumdawu sepanjang 61,70 kilometer dibangun melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha dengan nilai investasi mencapai Rp 8,41 triliun.

Isu Jokowi Rombak Kabinet, Ini Menteri yang Lepas dari Reshuffle versi Pengamat Kedai Kopi

Daftar Menteri yang Tak Kena Resuffle Presiden Jokowi versi Pengamat, Ada Prabowo & Erick Thohir

VIRAL YouTube Diah Istri KSAD Jenderal Andika Perkasa Pakai Masker Harga 10 Juta, Ini Spesifikasinya

"Jadi sepanjang 60 kilometer itu dukungan pemerintah 28,62 kilometer. Jadi tidak ada masalah pendanaan, yang ada hanya pembebasan lahan," kata Basuki.

Menurut dia, pembebasan lahan untuk proyek tol tersebut terbilang kompleks. Tak hanya menyangkut soal harga tanah, namun juga regulasi.

"Bapak Menteri ATR ditugaskan akan menangani (kendala tanah) karena bukan hanya harga, tapi juga ada masalah regulasi dan hukum, jadi nanti ada tindakan dari ATR. Semua kewenangan dan tanggung jawab tanah ada di ATR," ucap Basuki.

Menurut dia, pembangunan Tol Cisumdawu saat ini sudah mencapai 81,6 persen konstruksi, sementara pembebasan lahan sudah selesai 91,23 persen.

"Ini seluruhnya akan diselesaikan targetnya operasional September 2021," ungkap Basuki.

Sementara untuk seksi III-VI pengerjaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved