Berita Banjarbaru

Kebun Raya Banua Banjarbaru Siapkan Embung Menghadapi Karhutla

Pengelola sudah menyiapkan embung penampung air untuk persiapan memadamkan api apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan tersebut.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
istimewa
_Embung Kebun Raya Banua 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, musim kemarau di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan tiba di pertengahan bulan Juli ini.

Karena itulah, semua pihak sudah bersiap menghadapi musim panas tersebut.

Salah satunya yang sudah bersiap adalah Kebun Raya Banua.

Pengelola sudah menyiapkan embung penampung air untuk persiapan memadamkan api apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan tersebut.

Pamer Foto Dicium Reino Barack, Syahrini Protes Dibilang Tua, Incess Buktikan Lewat Ini

Kabar Duka dari Vidi Aldiano, Pencipta Lagu Anak Papa T Bob Meninggal Dunia

Demi Dekatkan Rumah Gisella Anastasia dan Gading Marten, Gempita Ternyata Rela Lakukan Ini

Kepala Seksi Pengembangan dan Pemanfaatan UPTD Kebun Raya Banua, Lisa Saviera mengatakan pihaknya telah mempunyai fasilitas embung yang bisa digunakan untuk memadamkan api di tengah persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi setiap tahunnya.

“Tim Karhutla terus memantau perkembangan titik mana saja yang rawan kebakaran,” ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Jumat (10/07/20).

Dengan adanya bantuan dari tim khusus Karhutla yang terus memantau perkembangan pada peralihan musim ini, Pihak UPTD Kebun Raya Banua berharap, pada 2020 kebakaran hutan jangan sampai menjalar ke kawasan wisata milik Pemerintah Provinsi Kalsel itu.

“Kami berharap, pada peralihan musim penghujan ke kemarau jangan sampai terjadi kebakaran di wilayah Kebun Raya Banua,” paparnya

Lisa menambahkan, air yang tersedia di embung tersebut juga cukup untuk memadamkan api apabila ada lahan yang terbakar, dan itu pun tidak jauh dari lokasi Kebun Raya Banua.

“Air yang ada di embung juga cukup banyak. Sehingga, bisa dimanfaatkan sebagai antisipasi karhutla di kawasan sekitar Kebun Raya Banua ini,” cetusnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Stan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved