Breaking News:

Berita Balangan

Petani di Kecamatan Paringin Selatan Dapat Jatah Lima Hektar, Seperti Ini Pemanfaatan Lahannya

Menjelang musim kemarau, petani Desa Baruh Bahinu Dalam dan Desa Murung Abuin, Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan,

Petani di Kecamatan Paringin Selatan Dapat Jatah Lima Hektar, Seperti Ini Pemanfaatan Lahannya
Foto Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Paringin Selatan
TANAM JAGUNG-Para petani di Desa Baruh Bahinu mulai melaksanakan program tanam jagung pakan pada lahan padi di desa

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Menjelang musim kemarau, petani Desa Baruh Bahinu Dalam dan Desa Murung Abuin, Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, memanfaatkan lahan untuk menanam jagung pakan ternak usai panen padi.

Mereka di dampingi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Paringin Selatan yang bertugas melakukan pembinaan. Di bawah pelatihan dan sosialiasi dari PPL, para petani pun cekatan untuk meningkatkan ekonomi mereka dalam bidang pertanian.

Laudya Cynthia Bella Pukul Raffi Ahmad Pakai Kipas Gegara Suami Nagita Itu Ungkap Soal Dimas Beck

Lahan seluas lima hektar dimanfaatkan untuk menanam jagung pada dua desa tersebut. Kemudian rencananya akan dilanjutkan dengan lahan yang ada seluas 15 hektar dan tersebar pada beberapa desa di Kecamatan Paringin Selatan.

Kepala Desa Baruh Bahinu Dalam, Sukarman menyampaikan, sudah dua tahun ini warganya mulai aktif melakukan penanaman jagung pakan ternak. Tak hanya itu, kelompok tani di desanya juga menanam kedelai pada lahan yang ada.

Ada dua kelompok tani yang ada di Desa Baruh Bahinu, mereka menanam jagung pakan dan menanam kedelai, selain penanaman utama, yakni padi.

UPDATE Corona Indonesia Jumat 10 Juli: Reaksi Jokowi Lonjakan 2.657 Kasus & Klaster Secapa TNI AD

Tentunya, melalui usaha pertanian pada dua jenis tanaman itu, Sukarman berharap adanya peningkatan ekonomi pada warganya.

"Apalagi saat ini di tengah pandemi. Saya berharap pemanfaatan lahan ini dapat menambah penghasilan petani di desa," ucap Sukarman, Jumat (10/7/2020).

Ia juga berharap pemerintah terus memberikan dukungan kepada para petani. Khususnya dalam pemberian obat, pupuk, bibit dan peralatan pertanian yang diperlukan.

Bupati Balangan Apresiasi Pemdes Perihal Penyelesaian Laporan Keuangan

Lantas, perihal program tersebut, PPL Paringin Selatan, Dahliati menerangkan pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada petani. Hal itu sebagai upaya pengembangan pertanian di Balangan.

Khusus tahun ini ujar Dahliati, sedikitnya ada 15 hektar lahan yang akan digunakan untuk menanam jagung pakan ternak. Di Desa Baruh Bahinu dan Murung Abuin yang dulunya satu hektar, kini dapat jatah lima hektar untuk ditanami.

Para PPL ujar Dahliati juga akan terus melakukan pengawasan dan bertanggung jawab pada program tersebut. Tentunya hingga keberhasilan didapat bagi para petani.

Kue Modern Menyerbu Pasaran, Pais Pisang Khas Banjar Tetap Disuka

Pembimbingan dan pelatihan untuk penanganan jagung pakan ternak dibekali kepada para petani. Sebagaimana cara penanganan gulma, pemupukan serta serangan hama penyakit hingga sistem panen.(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved