Breaking News:

Bumi Antaluddin

Bupati HSS Luncurkan Pelayanan e-BPHTB, Pangkas Birokrasi Pelayanan Pajak     

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meluncurkan pelayanan e-BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), Senin (20/07/2020)

istimewa/Diskominfo HSS
Penandatanganan kerjasama antara Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dengan Bank Kalsel saat peluncuran e-BPHTB, Senin (20/7/2020) oleh Bupati HSS. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H  Achmad Fikry meluncurkan pelayanan e-BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) di ruang media center Setda HSS, Senin (20/07/2020)

Lauching fasilitas pelayanan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad Sekretaris Daerah serta Sekda, H Muhammad Noor dan SKPD serta pihak terkait.  

Dijelaskan, e-BPHTB adalah pelayanan pembayaran, pelaporan dan verifikasi pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan secara elektronik.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, serta Sekda, H Muhammad Noor, dan pihak terkait lainnya saat menghadiri peluncuran e-BPHTB di ruang media center.
Bupati HSS, H Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, serta Sekda, H Muhammad Noor, dan pihak terkait lainnya saat menghadiri peluncuran e-BPHTB di ruang media center. (DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Pelayanan itu diberikan kepada wajib pajak maupun PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) sebagai pihak yang melakukan kepengurusan tanah di HSS.

HSS sendiri adalah Kabupaten ke- 4 di Provinsi Kalimantan Selatan yang telah melaksanakan BPHTB secara online. Bupati HSS mengatakan e-BPHTB  dibuat dalam rangka memberikan pelayanan secara daring (online).

Tujuannya, untuk mempermudah akses pelayanan pajak kepada masyarakat.

"Kami sudah melaksanakan penandatanganan kerjasama antara Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dengan Bank Kalsel. Juga telah menandatangani berita acara integritas dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional  di HSS dalam rangka memangkas birokrasi. Sekaligus memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara luas", jelas Fikry.

Penandatanganan kerja sama antara Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dengan Bank Kalsel saat peluncuran e-BPHTB oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, Senin (20/7/2020).
Penandatanganan kerja sama antara Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dengan Bank Kalsel saat peluncuran e-BPHTB oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, Senin (20/7/2020). (DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Ditambahkan, BPHTB merupakan komponen dari pajak daerah yang mempunyai peran strategis dan sangat berkontribusi bagi peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan pembangunan daerah.

Diharapkan, dengan adanya langkah percepatan, kemudahan dan penyederhanaan proses melalui aplikasi BPHTB online, lebih meningkatkan ketaatan pembayaran PBB-P2.

Termasuk mengurangi kemungkinan manipulasi wajib pajak  sehingga secara tidak langsung akan memengaruhi pendapatan daerah yang saat ini mengalami kenaikan.

Pelaksaaan BPHTB  berbasis online dan terintegrasi dengan data pertanahan dan perpajakan PBB-P2 juga akan mempermudah wajib pajak menyetorkan pajaknya.  (AOL/*)

Penulis: Hanani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved