Berita Kapuas

Kunjungan ke Kapuas, Wakil Rakyat dari Kotabaru Gali Referensi di Dinas Sosial

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan dari Pansus I DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu

Banjarmasinpost.co.id/Fadly Setia Rahman
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan (tengah, kemeja putih) menerima kunjungan Pansus I DPRD Kotabaru, Kalsel, Rabu (22/7/2020) siang. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan dari Pansus I DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (22/7/2020) siang.

Kedatangan rombongan wakil rakyat dari Bumi Saijaan di Kantor Dinsos Kapuas Jalan Patih Rumbih Kualakapuas, disambut langsung Kepala Dinsos (Kadinsos), Budi Kurniawan.

"Kami bersama dengan anggota yang tergabung di Pansus I DPRD Kotabaru, sekarang membidangi masalah Perda penanggulangan kemiskinan," kata Ketua Pansus I DPRD Kotabaru, Chairil Anwar diwawancarai banjarmasinpost.co.id usai kunjungan.

Satreskrim Polres Banjar Sergap 2 Orang di Kertak Hanyar, Amankan 100 Gram Sabu

Dilanjutkannya, Perda dimaksud adalah murni inisiatif dari DPRD setempat. "Dimana kami menginginkan di daerah kami (Kotabaru) dengan adanya Perda ini nanti, masalah kemiskinan itu dapat ditangani dengan serius," lanjutnya.

Maka itu, pihaknya pun mencari referensi dan masukan terkait hal itu. Salah satunya dengan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas yang dianggap punya keberhasilan.

"Yang menarik di Kapuas ini, kami melihat masalah kemiskinan di sini, dalam enam tahun terakhir ini, penurunan nya cukup signifikan. Berarti ada kinerja-kinerja pemerintah di sini, sampai angka kemiskinan itu menurun dan secara otomatis tingkat kesejahteraan masyarakat nya meningkat," ungkapnya.

Melihat hal tersebut, pihaknya pun sepakat untuk melakukan kunjungan kerja ke Kapuas. "Mencari masukan yang konstruktif, sharing informasi dengan Kepala Dinas Sosial di Kapuas," tandasnya.

Desa Kapar Banua Pintar Kabupaten Tabalong Ikut Lomba Tingkat Nasional

Disampaikannya pula, bahwa itu adalah kunjungan kedua pihaknya ke Kapuas setelah kunjungan pertama pada September 2019 lalu.

"Hari ini, Alhamdulillah bisa kunjungan lagi ke Kapuas. Kami ada sembilan anggota, tergabung di Komisi I DPRD Kabupaten Kotabaru," bebernya.

Rombongan Wakil Rakyat dari Kotabaru pun sempat terkesan dengan paparan dari Kadinsos Kapuas, Budi Kurniawan.

Dimana warga Kapuas sebagaimana dipaparkan cukup banyak terakomodir dan mendapat bantuan sosial, terutama dari Kemensos RI dan dari pemerintah daerah setempat.

Baik melalui Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 10.047 KK, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 20.623 KK dan program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 18.414 KK.

LINK Live Streaming RCTI - Parma vs Napoli Liga Italia Malam Ini, Nonton Gratis Kick Off 00.15 WIB

Belum lagi bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19, baik dari Kemensos RI, bantuan paket sembako Pemkab Kapuas untuk lebih 3000 KK dan BLT APBD yang ditarget hingga 31.000 KK.
Hingga BLT-DD untuk 10.597 KK yang tersebar di 214 desa di Kabupaten Kapuas.

"Intinya, kami hanya terus berupaya untuk verifikasi dan validasi (validasi) data, kerjasama hingga tingkat kelurahan/desa. Strategi pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) itu adalah data, maka program dan kegiatan akan mengikutinya," ungkap Kadinsos Kapuas, Budi Kurniawan. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly Setia Rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved