Breaking News:

Berita Jakarta

BPK Temukan Uang APBN Masuk Rekening Pribadi di Satuan Kerja Kemenag, Ini Sikap Menteri Agama

BPK temukan uang APBN masuk rekening pribadi di satuan kerja Eselon I Pusat, Kanwil, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Editor: Didik Triomarsidi
kontan
Ilustrasi: uang rupiah di bank indonesia 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Plt Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Irjen Kemenag) Muhammad Thambrin menyebut, pihaknya telah menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait adanya uang negara di satuan kerja Kemenag yang ditransfer ke rekening pribadi.

Temuan itu ada di satuan kerja Eselon I Pusat, Kanwil, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Menurut Thambrin, pihaknya telah menindaklanjuti temuan tersebut dengan pengembalian uang ke kas negara/BLU dan penyampaian bukti pelaporan kegiatan.

Alasan Jokowi Ganti dr Reisa & Yurianto, Corong Pemerintah Update Corona Digantikan Wiku Adisasmito

LIVE RCTI Udinese Vs Juventus Liga Italia Malam Ini, Sarri Bicara soal Duet Ronaldo-Paulo Dybala

Jadwal Bola Malam Ini, LIVE RCTI Beinsports & Vidio.com, Lazio vs Cagliari dan Udinese vs Juventus

"Terkait temuan itu sudah kita jelaskan ke BPK RI saat pemeriksaan. Sudah ditindaklanjuti juga oleh satker dengan setor ke kas negara/BLU dan penyampaian bukti pelaporan pelaksanaan kegiatan," kata Thambrin melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Thambrin mengatakan, BPK juga telah memahami penjelasan Kemenag terkait hal ini. Oleh karena itu, laporan keuangan Kemenag mendapat opini WTP.

Sebagaimana arahan Menteri Agama Fachrul Razi, Thambrin meminta jajaran Kemenag untuk lebih memperketat pengelolaan dan pelaksanaan keuangan negara sehingga mekanisme transfer ke rekening pribadi tidak terulang lagi pada tahun anggaran berikutnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna menyebut ada 5 institusi kementerian dan lembaga yang diketahui menggunakan rekening pribadi atas pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN).

Kementerian/lembaga itu yakni Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Untuk di Kementerian Agama, terdapat sebesar Rp 20,71 miliar, berupa sisa uang tunai kegiatan per 31 Desember 2019 yang ada pada rekening pribadi atau tunai dalam kelolaan rekening pribadi pada 13 satuan kerja (satker) sebesar Rp 4,96 miliar.

"Dana kelolaan disimpan tunai atau pada rekening pribadi maupun rekening yang tidak terdaftar di KPPN pada 12 satker sebesar Rp 5,41 miliar. Dan pemindahan rekening pribadi pada 5 satker sebesar Rp 10,34 miliar," kata Agung dalam konfrensi pers secara virtual, Selasa (21/7/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPK Temukan Uang APBN Masuk Rekening Pribadi, Kemenag Tindak Lanjuti ",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved