Kriminalitas Kalteng

Tim Hukum Muhammadiyah Kalteng Dampingi Relawan yang Dipukul Saat Penguburan Jenazah

Pengurus Muhammadiyah Provinsi Kalteng menyiapkan tim hukum untuk mendampingi relawan MDMC yang dianiaya saat memakamkan jenazah prosedur Covid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN
Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H Ahmad Syar'i, bersama pengurus Muhammadiyah Kalteng membentuk tim hukum mendampingi relawan MDMC yang dianiaya saat pemakaman jenazah, Kamis (23/7/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kasus pemukulan terhadap relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)  yang bertugas melakukan penguburan jenazah dengan Protokol Kesehatan Covid-19 di lokasi pemakaman Jalan Tjilik Riwut Km 12, Palangkaraya, Kalimantan Tengah ( Kalteng ), terus berproses hingga, Kamis (23/7/2020).

Jajaran Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah (PWM Kalteng), bersama Muhammadiyah MDMC dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) terus melakukan koordinasi dan tindak lanjut proses hukum.

Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng, H Ahmad Syari, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim untuk pendampingan hukum terhadap para korban.

Menurut dia, saat terjadinya insiden penguburan, ada 10 anggota yang bertugas. Empat orang mengalami tindak penganiayaan dan dua orang dirawat karena mengalami cidera.

Polisi Amankan Batu Nisan dan Kayu yang Dipakai Menganiaya Relawan MDMC Palangkaraya

Tak Terima Jenazah Dikubur di Pemakaman Covid Palangkaraya, Keluarga Marah dan Lakukan Penganiayaan

Empat Orang Dirawat, Pelaku Penganiayaan Relawan Covid-19 Palangkaraya Diproses Hukum

Dia mengatakan, peristiwa pemukulan tersebut sudah masuk ke proses hukum, maka PWM berkoordasi dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan telah mendapat arahan untuk melakukan pendampingan hukum terhadap para korban.

Pihaknya telah membentuk tim hukum untuk pendampingan selama dalam proses hukum, beranggotakan tiga konsultan hukum dari Pos Bantuan Hukum (Pos Bakum) PP Muhammadiyah yang hadir atas inisiasi Pengurus Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Kalteng. Ketiganya, Novan Noviar SH, Muhammad Sandi SH, dan Hartono Sahli SH.

"Mereka akan mendampingi para korban maupun lembaga dalam proses hukum yang akan dijalani, termasuk berkoordinasi dengan pihak penyidik. Relawan yang ditugaskan di lapangan merupakan relawan Muhammadiyah Palangkaraya anggota MCCC yang berada di bawah komando MDMC Kalteng (lembaga relawan bentukan PWM Kalteng)," ujar Syar'i, mantan Ketua KPU Provinsi Kalteng ini.

Sementara itu, lanjutnya, suami almarhumah juga menandatangani surat pernyataan kesediaan agar prosesi pemakaman jenazah mengikuti prosedur Covid-19.

Saat di rumah sakit, jenazah disalatkan dan diberangkatkan bersama ke pemakaman TPU Jalan Tjilik Riwut kilometer 12, Palangkaraya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved