Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Tanjungdewa Lumbung Ikan Laut di Tanahlaut

Selain dikenal dengan objek wisata religi Pulau Datu, Tanjungdewa juga menjadi salah satu lumbung ikan laut di Tala.

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Saat mendengar nama Desa Tanjungdewa, umumnya ingatan publik di Kalimantan Selatan (Kalsel), langsung tertuju pada objek wisata religius ternama di Kabupaten Tanahlaut (Tala) yakni Pulau Datu.

Keberadaan pulau kecil itu memang cukup kesohor di Banua ini. Itu karena di puncak pulau berjarak sekitar satu kilometer tersebut ada makam tokoh/pembesar Banjar yakni Sultan Hamidinsyah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan.

Padahal selain kekayaan alam tersebut, Tanjungdewa juga menjadi salah satu lumbung ikan laut di Tala. Sebagian besar penduduk setempat pun berprofesi sebagai nelayan, selain petani dan pedagang.

"Sekarang lagi musim ikan. Jadi kalau pas berkunjung ke Pulau Datu bisa juga sekalian membeli ikan laut yang masih segar," ucap Saniah, warga Pelaihari, Minggu (26/7/2020).

Tak Cuma Punya Wisata Religi Ternama, Pulau Datu Desa Tanjung Dewa Tala Juga Lumbung Ikan Laut

Nelayan Pencari Udang Desa Tanjungdewa Tanahlaut Minta Pemerintan Bangun Pemecah Ombak

Ia mengaku supprise saat bertandang ke Tanjungdewa, sepekan lalu. Pasalnya dirinya tak menduga saat ini sedang panen ikan laut di kampung kecil tersebut. "Semula cuma ngin bersantai di pesisir pantai saja, Pantai Labuan, eh pas melihat banyak ikan laut dijemur, ya auto beli," tuturnya.

Sekretaris Desa Tanjungdewa, Mukandam, mengatakan saat ini memang sedang musim baik di lautan. Karena itu hasil tangkapan ikan nelayan di kampungnya pun juga cukup bagus.

"Sekitar 80 persen warga desa kami pekerjaannya adalah nelayan dan saat ini pas musim baik tangkapannya," sebut Mukandam.

Makanan Ini Layak Dicoba, Kerupuk Ikan Tenggiri dari Tanjungdewa yang Gurih

Jenis ikan laut yang saat ini ramai, sebutnya, yakni telang. Selain itu juga ada ikan jenis otek serta beberapa jenis ikan kecil lainnya.

"Alhamdulillah harganya saat ini juga bagus," tandasnya.

Salah seorang nelayan Tanjungdewa sekaligus pedagang ikan mengatakan harga ikan telang saat ini per kilogramnya sekitar Rp 60 ribu. Pembeli lumayan banyak, baik yang datang langsung ke kampungnya maupun serapan dari kalangan pedagang dari kota.

 (Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved