Berita Banjarmasin

Joice Coba Hilangkan Sisa Limbah di Sungai A Yani Banjarmasin Menggunakan Ini

Warga bernama Joice tuangkan cairan eco enzyme untuk mempercepat penguraian limbah oli yang telah mencemari air sungai di Jalan A Yani Km2 Banjarmasin

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Joice berupaya membersihkan limbah yang mencemari air sungai di kawasan A Yani Km 2, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel dengan menyiramkan Eco Enzyme untuk mempercepat penguraian limbah tersebut, Senin (27/7/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Belum lama tadi sempat beredar adanya limbah berupa oli bekas yang mencemari air sungai di kawasan Jalan A Yani Km 2, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), .

Video tersebut diunggah Joice Veronica melalui media sosial khususnya Facebook, hingga menyita perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin.

Petugas DLH Banjarmasin pun langsung membersihkan air sungai dari limbah tersebut, serta mencari sumber penyebab.

Meskipun air sungai sudah dibersihkan, namun ternyata sisa-sisa limbah masih ditemukan di sekitar lokasi. 

Terkait hal ini, Joice yang sempat mengeluhkan keberadaan limbah tersebut berinisiatif membersihkan sisa-sisa limbah tersebut.

DLH Temukan Penyebab Limbah di Sungai Jalan A Yani Km 2 Banjarmasin

Limbah di Sungai A Yani Km 2 Banjarmasin Diduga Langsung Ditumpahkan

Rektor UIN Antasari Sesalkan Limbah di Sungai A Yani

Petugas DLH Banjarmasin Selidiki Dugaan Sungai Tercemar Oli Bekas

Sidak Dugaan Pencemaran, Dinas LH Banjarmasin Temukan Ceceran Oli di Sungai Martapura

Caranya, dengan menyiramkan cairan Eco Enzyme yang marupakan hasil fermentasi limbah organik seperti ampas maupun kulit buah-buahan.

Hampir setiap hari, Joice pun menyiramkan cairan Eco Enzyme ini di sisa limbah yang mencemari sungai yang ada di depan tempat tinggalnya.

Dan menariknya, setelah disiram Eco Enzyme tersebut, gumpalan limbah oli bekas langsung terurai dan larut mengikuti arus air.

"Pemerintah sudah melakukan tugasnya (membersihkan, red), sekarang tugas saya sebagai warga ikut berpartisipasi membersihkan air sungai dari sisa-sisanya. Dan saya menggunakan Eco Enzyme yang memang saya produksi sendiri," kata Joice kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (27/7/2020).

Joice menambahkan bahwa inisiatif ini dilakukan ya karena tidak hanya sekadar ingin membuat gaduh saja atas video yang sempat disebarkannya di media sosial.

"Jadi, saya juga ada upaya untuk mencari solusinya, sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Joice pun menerangkan bahwa dirinya memang beberapa tahun ini sudah membuat Eco Enzyme sendiri yang berguna sebagai pembersih organik yang tentunya sangat aman dan ramah lingkungan.

"Awalnya saya gunakan untuk sabun cuci piring, pel lantai dan sebagainya. Dan ini manfaatnya sangat banyak. Dan saya gunakan juga untuk membersihkan sisa limbah di sungai kemarin, dan ternyata sangat cepat membantu menguraikannya. Saya sejak 2018 sudah membuat Eco Enzyme ini. Untuk bahannya kadang saya minta kulit buah dengan bibi penjual nenas dan sebagainya," tutupnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)\

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved