Breaking News:

Sport

Lewati Rintangan Jeram, Kekompakan Jadi Modal Awal Dalam Olahraga Arung Jeram

Wakil ketua FAJI Kalsel Bandi Khairullah mengatakan, modal awal yang diperlukan oleh para atlet arung jeram adalah kekompakan

banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Atlet Faji Kabupaten Banjar saat latihan di saluran Irigasi Riam Kanan Tanjung Rema,Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Senin (26/7/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Arung Jeram adalah olahraga yang kegiatannya mengarungi jeram-jeram menantang.

Selain itu arung jeram ini merupakan gabungkan unsur Adventure, edukasi, olahraga dan rekreasi dengan menggunakan boat karet, dayung dan lainnya. 

Olahraga arung jeram ini adalah olahraga yang menguji nyali, sebab olahraga ini juga harus melewati setiap rintangan yang ada.

Oleh karena itulah,  Wakil ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalimantan Selatan Bandi Khairullah mengatakan,  modal awal yang diperlukan oleh para atlet adalah kekompakan. 

"Karena kalau tidak kompak tidak bisa,  olahraga ini bertim," Kata Bandi Kepada Banjarmasinpost.co.id. 

Gelar Latihan Rutin, FAJI Kalsel Berharap Bisa Lahirkan Kembali Atlet Arung Jeram

FAJI Kalsel Sudah Punya Lima Cabang di Kabupaten/Kota, Bandi Harapkan Arung Jeram Semakin Berkembang

Setiap tim harus seimbang power atau kekuatanya agar bisa maju menuju garis finish, pabila kekuatan tim lebih besar di sebelah kanan maka perahunya akan kekiri begitu pula sebaliknya. 

Itulah sebabnya kekuatan itu harus seimbang, baik dikanan maupun dikiri. Ke kompakkan itu tidak hanya masalah power saja. Namun, juga teknik mendayung harus sama. 

Untuk teknik dayung sendiri terdiri dari beberapa macam, di antaranya teknik dayung maju, mundur, dayung tarik kanan dan kiri, teknik dayung pancung dan lainnya.

Balanting dari Dusun Nanai, Arung Jeram Ekstrem di Sungai Ajung

Selain kekompakkan diperlukan juga kecepatan dan tanggap seperti saat water rescue atau penyelamatan dalam pengarungan.  (Banjarmasinpost.co.id/ Siti Bulkis) 
 

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved