Berita Kapuas

Ikuti Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria, Ini Harapan Pj Sekda Kapuas

Pj Sekda Kabupaten Kapuas ikuti rakor secara daring Gugus Tugas Reforma Agraria Kalteng yang dibuka oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran

banjarmasinpost.co.id/Fadly Setia Rahman
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas H Masrani mengikuti rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 secara virtual 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas H Masrani ikuti rapat koordinasi (rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2020.

Rakor secara daring menggunakan teleconference dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Rabu (29/7/2020) siang.

Mengangkat tema "Mewujudkan keadilan dan kesejateraan masyarakat Kalimantan Tengah melalui integrasi Lembaga Reforma Agraria".

Rakor juga diikuti secara virtual melalui Video Conference oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Surya Tjandra, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam rapat tersebut Gubernur menyampaikan agar Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan stakeholder dapat bersatu padu serta berperan aktif dalam integrasi Lembaga Reforma Agraria.

Pemkab HSU Alokasikan Dana Rp 80 Miliar Setahun untuk Iuran BPJS Gratis Masyarakat Kabupaten HSU

Pilkada Banjarbaru 2020 - Edy Berencana Tempuh Jalur Hukum

Miliki Ketahanan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, BI Upayakan Pemulihan UMKM

Pasien Sembuh Meningkat, GTPP Covid-19 Kabupaten Tabalong Masih Tunggu Hasil 41 Spesimen

Guna mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

Selain itu, Gubernur juga menjelaskan tahapan pokok Reforma Agraria, pertama adalah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah berdasarkan hukum dan peraturan perundangan pertanahan (Penataan Aset).

Kedua adalah penyediaan akses, termasuk di dalamnya adalah penyediaan sumber-sumber ekonomi, pengetahuan, dan teknologi untuk mengembangkan kemampuan dalam mengelola tanahnya sebagai sumber kehidupan (Penataan Akses).

Dan untuk Kabupaten Kapuas saat ini berada pada tahap proses penerbitan SK Pelepasan Kawasan Hutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu, untuk sepuluh kabupaten/kota lainnya yang terdapat di Kalimantan Tengah sampai dengan saat ini masih dalam progress kegiatan PPTKH.

Pj Sekda Kapuas H Masrani yang saat itu mewakili Bupati Kapuas berharap agar semua yang telah dirapatkan dan direncanakan dapat berjalan dengan baik.

"Kami mendukung tahapan penataan aset dan penataan akses sehingga dapat terwujudnya tujuan dari reforma agraria, khusus nya di Kalimantan Tengah terlebih di Kabupaten Kapuas," ungkap H Masrani.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved