Berita Tapin

Kurangi Kantong Plastik, Pemkab Tapin Adakan 1000 Bakul Purun Gratis untuk Penyaluran Daging Kurban

Sebanyak 1000 bakul purun disediakan gratis oleh Pemkab Tapin untuk penyaluran daging hewan kurban untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Humas Pemkab Tapin
Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan istri Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan membagikan potongan daging hewan kurban menggunakan bakul purun mengurangi limbah kantongan plastik. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin mengedukasi  masyarakat yang melaksanakan penyaluran hewan kurban tanpa kantongan plastik.

Sebanyak 1000 bakul berbahan purun disediakan secara cuma-cuma oleh Pemerintah Kabupaten Tapin agar secara bertahap masyarakat beralih dan tidak tergantung dengan pembungkus berbahan plastik. 

Ketua pelaksana ibadah kurban Masjid Agung Humasa Rantau, H Nordin mengatakan kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi wabah virus corona atau Covid-19. 

Ditinggal Pemilik, Rumah di Desa Babai HST Ludes Diamuk Api

Jalan Poros Batulicin Kandangan di Mantewe Dilanda Longsor, Kasatlantas Ingatkan Pengendara Waspada

Lima Lokasi Wisata Sudah Diizinkan Buka, Per 1 Agustus Wisata di HST Bakal Beroperasi Lagi

Selain itu, penyaluran daging hewan kurban menerapkan peraturan Bupati Tapin tentang pengurangan penggunaan kantongan plastik pembungkus dagung hewan kurban. 

"Sebagai gantinya kami akan menyediakan bakul purun kecil mampu memuat sekitar 2 kilogram daging kurban," kata pria yang menjabat selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin.

Menurut Nordin, kapan lagi menerapkan kebijakan pengurangan kantongan plastik kalau tidak sekarang dengan bakul dari bahan purun. 

Bakul purun kecil itu sengaja dipesan Nordin dari para pengrajin purun di Margasari, Kecamatan Candi Laras Selatan.

"Kami siapkan 1000 bakul berbahan purun," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (31/7/2020). 

Sementara itu, Badan Pengelola Masjid Agung Humasa Rantau akan menyembelih hewan kurban, delapan ekor sapi dan satu ekor kambing, Sabtu (1/8/2020) besok.

Hal itu dikatakan Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Humasa Rantau, KH Syahruddin dihubungi reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (31/7/2020).

Delapan ekor sapi dan satu ekor kambing itu akan disembelih secara bergantian oleh KH Syahruddin dan Ustad HM Fauzi Rahman di lingkungan Masjid Agung Humasa Rantau.

(banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved