Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Longsor di Jalur Batulicin-Kandangan, PUPR Kabupaten Tanbu Koordinasi dengan Balai Jalan

Ruas jalan penghubung Batulicin ke Kandangan, Kabupaten Tanbu, Kalsel, longsor lagi dan PUPR Tanbu dapat kepastian dari Balai Jalan akan diperbaiki.

KASATLANTAS POLRES TANBU UNTUK BPOST GROUP
Situasi pascalongsor di Jalan Nasional Km 81-82, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), Kamis (29/7/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BATULICIN - Longsor beberapa waktu lalu, terjadi di ruas Jalan Nasional Batulicin-Kabupaten Banjar-Kandangan  di wilayah Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ).

Kali ini, bukan tanah yang ada di bagian sisi atau kanan jalan, melainkan jalan rayanya yang longsor. Akibatnya, sempat menghambat arus lalu lintas di jalan tersebut.

Jalan yang berada di area pegunungan itu, memang dianggap rawan terjadi longsor sehingga sangat membahayakan bagi pengendara lalu lintas yang melewati jalan itu.

Meski sudah berulangkali diberikan imbauan, termasuk dari Kasatlantas Polres Tananahbumbu (Tanbu), AKP GM Angga Satrya Wibawa SIK, agar pengendara tidak melalui jalan tersebut.

Jalan Batulicin-Kandangan Longsor, Personel Polres dan Kodim Tanbu Diturunkan Bersihkan Longsoran

Tanah Longsor Tutup Badan Jalan di Wilayah Mentewe Kabupaten Tanahbumbu

NEWSVIDEO: Membahayakan, Sebagian Jalan di Jembatan Perbatasan Tanahbumbu Longsor

Namun, masih saja dilalui masyarakat. Sebab, jalan tersebut jalan alternatif agar tidak memutar arah lewat Kota Banjarbaru.

Longsor yang terjadi pada Rabu (29/7/2020) ini membuat jalan sulit dilalui karena tejadi di sebagian badan jalan. Meski masih bisa dilalui, tetap saja membahayakan dan sangat rawan.

"Kami dari Satlants Polres Tanbu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melewati jalan tersebut dan memilih jalan alternatif lainnya," imbau Kasatlantas.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanbu, Ansyari Firdaus, Sabtu (1/8/2020), telah mengetahui longsornya ruas Jalan Batulicin Kandangan itu. Tepatnya, berada di KM 81 dn 82 desa Emilbaru.

"Saya sudah dapat kabar itu dan kami langsung koordinasikan ke Balai Jalan Nasional di provinsi dan mendapat tanggapan akan ditindaklanjuti oleh Balai Jalan," katanya.

Masih kata Firdaus, hasil koordinasi tersebut, pihak Balai Jalan mengatakan akan menangani secara darurat terlebih dulu. 

Kabarnya, Balai Jalan akan menggunakan lahan di sisi sebelah kanan dan sudah ada izin dari pemilik lahannya.

"Balai Jalan menyebutkan kalau mereka sudah pernah memasukkan material di sana, namun hancur lantaran intensitas hujan tinggi. Namun selanjutnya akan berkoordinasi lebih lagi," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)\

Penulis: Man Hidayat
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved