Breaking News:

Berita Banjarbaru

Tes Psikologi untuk Pemohon SIM, Pengendara di Banjarbaru Diharapkan Begini

Pemohon pembuatan SIM di Polres Banjarbaru diwajibkan menjalani tes psikologi yang tempatnya tidak jauh dari kantor Salantas.

SATLANTAS POLRES BANJARBARU
Saat calon pemohon SIM ujian praktik. 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Tempat untuk tes psikologis bagi pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM)  disediakan tidak jauh dari Polres Banjarbaru, yakni di kawasan pertokoan dekat Kantor Satpras Polres Banjarbaru, Kalimantan Selatan ( Kalsel ).

Gerai khusus ini akan melayani bagi calon pemohon yang sudah memenuhi syarat untuk membuat SIM baru atau memperpanjang sim.

Kasatlantas Polres Banjarbaru, AKP Apriyansa Sinatra, melalui Baur SIM, Aiptu I Putu Sudhiwirawan, mengatakan, kebijakan tes psikologis ini sesuai arahan Polda Kalsel. Dari analisa kepolisian, disebutkannya satu diantara faktor penyebab utama kecelakaan karena human error.

"Yang kerap terjadi pengendara, sering merasa ingin menang sendiri dan merasa paling benar di jalan. Hal ini yang rawan memicu terjadinya kecelakaan," katanya, Sabtu (1/8/2020).

Untuk itu, tes psikologi dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi pengendara yang seperti itu. Karena tujuan utamanya berkendara untuk keamanan dan kenyamana dalam berlalu lintas.

Satlantas Polres Banjarbaru Berikan SIM Gratis, Syaratnya Lahir di Tanggal Ini

VIDEO Satlantas Polres Banjarbaru Tahan Motor Pembalap Liar Selama Sebulan

Anggota Satlantas Polres Banjarbaru Jadi Perhatian, Kenakan Helm Corona di Jalan

Semoga dengan adanya persyaratan baru ini, pengendara semakin tertib berlalu lintas dan kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir.

Selain adanya persyaratan baru itu, selama pandemi covid-19, Protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 tetap dilakukan.

Para pemohon SIM yang tidak mengikuti aturan protokol kesehatan, maka calon pemohon ditolak meski hanya untuk sekadar masuk ruangan.

"Selama Pandemi covid-19, pemohon SIM wajib menggunakan masker. Sehingga syarat wajib untuk bisa berurusan seputar SIM di Polres Banjarbaru," tegasnya.

Apabila tidak mengenakan masker, pemohon tidak perkenankan masuk. Termasuk juga wajib cuci tangan dan dicek suhu badan.

Di bagian dalam ruangan pelayanan SIM, protokol kesehatan juga diterapkan. Seperti adanya kaca pembatas antara petugas pelayanan dan pemohon. Termasuk petugasnya juga wajib mengenakan sarung tangan dan masker.

Petugas yang melayani proses foto dan pengambilan sidik jari juga diwajibkan menggunakan face shield (pelindung wajah.

(Banjarmasinpost.co.id/Aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved