Breaking News:

Bumi Antaludin

Bupati HSS Pimpin Sidang Landreform, 1.600 Bidang Tanah Siap Diredistribusikan

Bupati HSS pimpin sidang PPL bahas penetapan objek dan subjek redistribusi tanah berdasar hasil pengukuran, pemetaan, inventarisasi dan indentifikasi.

DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Bupati HSS, H Achmad Fikry (kanan), saat memimpin Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), didampingi Kepala BPN HSS, Rabu 29 Juli 2020. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) telah dilaksanakan, Rabu 29 Juli lalu di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jalan Singakarsa, Kandangan, Kabupaten HSS, Kalimantan Selatan ( Kalsel ).  

Sidang dipimpin Bupati HSS, H Achmad Fikry, didampingi Kepala Badan Pertanahan nasional (BPN) HSS Tri Harnanto.

Sidang PPL berjalan lancar setelah melalui diskusi cukup panjang.  Membahas penetapan objek dan subjek redistribusi tanah berdasarkan hasil pengukuran, pemetaan, inventarisasi dan indentifikasi.

Sebelumnya, dilaksanakan penelitian lapangan oleh PPL, bahwa objek dan subjek redistribusi tanah tersebut memenuhi persyaratan.

Setelah dipastikan letak, luas, status, penggunaan, penguasaan, kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan kondisi tanah tak bermasalah, disepakati untuk meredistribusikan 1.600 bidang kepada masyarakat.

Suasana sidang PPL yang dipimpin Bupati HSS, H Achmad Fikry, dihadiri pihak terkait
Suasana sidang PPL yang dipimpin Bupati HSS, H Achmad Fikry, dihadiri pihak terkait (DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Bupati HSS, H Achmad Fikry, menjelaskan, 1.600 bidang tanah yang disepakati untuk diredistribusikan statusnya milik negara. Adapula dari pelepasan kawasan hutan kepada masyarakat di beberapa kecamatan. 

“Hasil survei teman-teman dari Tim PPL di lapangan, tanah yang disertifikatkan dan diredistribusikan sudah tidak bermasalah,” ujar Bupati.

Dijelaskan, redistribusi tanah dilakukan agar dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten HSS. 

“Selanjutnya setelah sidang ini kami sangat berharap bisa bertemu dengan para calon penerima sertifikat. Untuk menyosialisasikan berbagai hal khususnya manfaat dari pemberian sertifikat tanah ini,” katanya.

Kepala BPN HSS, Tri Harnanto, menambahkan, redistribusi tanah meliputi 1.600 bidang  berada di delapan desa di lima Kecamatan di Kabupaten HSS.

Redistribusi tanah dilaksanakan di Desa Hulu Banyu Kecamatan  Loksado sebanyak  324 bidang, dengan luas 317.069 meter persegi. Desa Malinau, Kecamatan Loksado 214 bidang, dengan luas 74.416 meter persegi. Desa Malilingin Kecamatan  Padang Batung 343 bidang, seluas 75.701 meter persegi.

Kepala SKPD yang mengikuti jalannya sidang PPL.
Kepala SKPD yang mengikuti jalannya sidang PPL. (DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Selanjutnya, Desa Ida Manggala Kecamatan  Sungai Raya 88 bidang, dengan luas 111.181 meter persegi, Desa Bamban Selatan Kecamatan Angkinang, 23 bidang seluas 13.066 meter persegi, Desa Bamban Kecamatan Angkinang, 80 bidang denga luas 89.144 meter persegi, Desa Bamban Utara Keamatan Angkinang 80 bidang dengan luas 89.144 meter persegi. 

Selanjutnya, Desa Paharangan Kecamatan Daha Utara yang akan dijadikan pilot project Kampung Reforma Agraria, 302 bidang dengan luas 725.826 meter persegi.

Insha Allah tahun ini kiami terbitkan sertifikatnya untuk masyarakat. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan akses reformnya, semua stake holder terlibat segera membantu dan membina masyarakat untuk memanfaatkan lahan atau bidang tanah bersertifikat ini,” ujar Tri Harnanto. (AOL/*)

Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved