Breaking News:

Pilkada 2020

Pilkada 2020, 31 Daerah Berpotensi Munculkan Calon Tunggal, KPU Sebut Pilkada Siap Dilaksanakan

KPU sebut 3 hal yang menjadi ukuran kesiapan penyelenggara pilkada 2020, yaitu syarat regulasi, syarat sumber daya manusia dan syarat anggaran

KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi Pilkada 2020 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Arief Budiman, memastikan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 siap diselenggarakan.

Menurut dia, tiga hal yang menjadi ukuran kesiapan penyelenggara pilkada, yaitu syarat regulasi, syarat sumber daya manusia, dan syarat anggaran.

"Melihat tiga hal ini pilkada siap dilaksanakan," kata Arief, pada sesi jumpa pers di kantor KPU RI yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi Facebook KPU RI, Selasa (4/8/2020).

Dia menjelaskan, aspek regulasi sebagai payung hukum penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat itu sudah dipersiapkan termasuk Peraturan KPU (PKPU).

Dalam waktu dekat, dia mengaku, akan melakukan rapat konsultasi dengan pemerintah dan DPR RI.

Presiden Jokowi Minta Surya Paloh Tak Dukung Iparnya pada Pilkada 2020 di Gunungkidul, Ini Faktanya

Pilkada 2020, Anggota Keluarga Jokowi, Ma`ruf Amin & Prabowo Ramaikan Bursa, Siapa yang Lebih Jago?

BERLANGSUNG TVRI SD Kelas 4-6, Jawaban Soal Kamu Lebih Memilih Menyimpannya di Celengan atau Bank?

"Sebenarnya terkait kesiapan sudah disampaikan berkali-kali. Mengukur dari regulasi semua sudah disiapkan. Sekarang, minta jadwal rapat konsultasi dengan pemerintah dan DPR mengenai kampanye, dana kampanye, dan pencalonan. PKPU yang ada masih berlaku. Itu soal regulasi," ujarnya.

Aspek kedua terkait sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pilkada hingga ke tingkat daerah. "Soal SDM sudah direkrut," kata dia.

Aspek ketiga mengenai anggaran. "Sampai tanggal 30 Juli lalu, 212 daerah dari 270 daerah itu transfer APBD sudah 100 persen. Selebihnya 40-80 persen. Tiga daerah di bawah 40 persen. Minggu ini, Kementerian Dalam Negeri berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mendorong (anggaran,-red) di transfer 100 persen," tambahnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menjadwalkan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember mendatang.

Kampanye dilakukan pada 26 September hingga 5 Desember dengan jumlah peserta terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat pandemi virus Corona (COVID-19).

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved