Breaking News:

Lifestyle

Cegah Timbul Selulit, Begini Tips dari Dokter Spesialis Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin

Selulit memang bukan masalah kulit berbahaya. Tapi dapat menurunkan kepercayaan diri bagi wanita, meskipun posisi selulit di bagian tubuh tertutup.

Cegah Timbul Selulit, Begini Tips dari Dokter Spesialis Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin
istimewa
dr Vina Dwiana, spesialis Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selulit memang bukan masalah kulit yang berbahaya. Tapi selulit dapat menurunkan kepercayaan diri bagi wanita, meskipun posisi selulit di bagian tubuh yang tertutup.

Menurut dr Vina Dwiana, spesialis Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, secara garis besar selulit adalah merupakan kondisi kulit di area dengan timbunan lemak yang banyak.

Terdapat lekukan-lekukan akibat struktur kulit di atasnya dan jaringan ikat di bawahnya yang membuat kulit tampak bergelombang.

Selulit bukan strech mark (guratan atau garis putih kemerahan). Biasanya timbul di bagian perut paha dan pantat

Penyebabnya memang bukan hanya karena tumpukan lemak yang berlebih, tapi juga karena berbagai faktor antara lain, perubahan hormon, genetika atau keturunan, penuaan, kenaikan berat badan, kurang aktif bergerak.

"Untuk faktor penuaan, lebih banyak terjadi pada orang dewasa dan pada wanita angka kejadiannya lebih banyak," jelas Vina.

Adapun cara pencegahan agar tidak timbul selulit adalah, menurunkan berat badan, rutin berolah raga yang jenisnya mengencangkan otot dan bila berolahraga cukupi kebutuhan cairan, melakukan pemijatan dan memakai krim atau lotion yang mengandung retinol atau kafein.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved