Breaking News:

Wisata Candi Agung

Di Tengah Pandemi, Candi Agung Masih Dikunjungi 100 Orang Per Hari

Keberadaancandi agung sebagai salah satu tempat pariwisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sudah banyak diketahui masyarakat luas. Candi Agung

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
Objek wisata Candi Agung Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalsel. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Keberadaancandi agung sebagai salah satu tempat pariwisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sudah banyak diketahui masyarakat luas. Candi Agung Amuntai merupakan peninggalan kerajaan Negara Dipa Khuripan yang dibangun oleh Empu Jatmika abad ke XIV Masehi ini sering dikunjungi oleh wisatawan terutama dari luar daerah.

Bangunan yang telah berusia sekitar 700 tahun ini dikunjungi sekitar 200 orang perharinya namun selama pandemi Covid 19 saat ini menjadi sekitar 100 orang perhari.

Candi Agung bisa menjadi wisata sejarah, religi dan juga wisata alam karena juga memiliki tempat yang nyaman untuk bersantai.

Ahmad Royani salahsatu pengunjung dari Tenggarong mengatakan hampirsetiap tahun datang ke Candi Agung saat ada kesempatan. Dan kali ini dirinya datang bersama keluarga besarnya.

LINK Download Logo HUT ke-75 RI, Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020, Format JPG, PNG, PDF dan AI

“Kalau saya hanya melihat lihat dan duduk bersantai saja, anak anak yang suka foto foto di beberapa tempat,” ujarnya. Saat ini kondisi Candi Agung sudah cukup terawat menurut Royani.

Ditengah Pandemi Covid 19 Royani mengaku lebih suka jalan jalan ke area terbuka seperti Candi Agung tidak berdesakan sehingga tetap bisa menjaga jarak dan melakukan tindakan pencegahan lain.

Arbainah salahsatu penjaga candi agung mengatakan bangunan utama di candi agung adalah berupa sumur. Dimana yang datang ada yang hanya melihat lihat namun ada juga yang membawa hajat masing masing sesuai kepercayaan. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved