Breaking News:

Yayasan Adaro Bangun Negeri

Semangat Sulastri Tumbuhkan Jangkung Hijau Melalui Bank Sampah

Sulastri Miati, warga kelurahan Jangkung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, merupakan salah satu dari sekian banyak warga jan

Editor: Edi Nugroho
Foto Adaro untuk Banjarmasin Postgroup
Kader Desa Genta Si Hijau (Gerakan Tabalong Bersih & Hijau) merupakan program Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) yang sinergi dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID TABALONG-Sulastri Miati, warga kelurahan Jangkung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, merupakan salah satu dari sekian banyak warga jangkung yang memiliki perhatian khusus terhadap lingkungan.

Wanita paruh baya ini saat ditemui di gudang bank sampah, menceritakan pengalamannya dalam mengajak masyarakat sekitar untuk peduli terhadap lingkungan.

Jadwal & Siaran Langsung FP1 & FP2 MotoGP Austria 2020, Rangkaian MotoGP 2020 Race Live Trans7

Ia aktif menyuarakan pengelolaan sampah sebagai salah satu cara untuk menjaga lingkungan sejak tahun 2017, tepatnya saat ia bergabung menjadi Kader Desa Genta Si Hijau (Gerakan Tabalong Bersih & Hijau) yang merupakan program Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) yang sinergi dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong.

Meskipun perilaku ramah lingkungan, buang sampah tidak sembarangan sudah diajarkan sejak di bangku sekolah dan juga sering disosialisasi dari berbagai pihak, namun menurut Sulastri, ketika menjadi Kader Desa Genta Si Hijau membuatnya merasa lebih bertanggung jawab.

Tanggung jawab itu pulalah yang pada akhirnya membentuk perilakunya untuk secara konsisten menjadi pegiat lingkungan hingga saat ini dengan fokus aktivitas yang ia lakukan adalah pada pengelolaan sampah rumah tangga yang ada di lingkungan wilayah tempat tingggalnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sulastri pun menceritakan, bagaimana jatuh bangunnya ia membangun bank sampah guna menampung sampah rumah tangga yang masih dapat dikelola dan bernilai.

“Dengan pembekalan ilmu serta pendampingan dari YABN dan juga Dinas, saya beserta beberapa teman lainnya, pada tahun 2017 membulatkan tekad membentuk Bank Sampah Jangkung Hijau,” ungkap Sulatri.

Luna Maya Pamer Warna Kulit Tubuh Curi Perhatian, Kaki Sahabat Ayu Dewi Bikin Salfok

Perjalanan dari tahun 2017 hingga saat ini tentunya banyak sekali hambatan dan rintangan yang dihadapi, diantaranya adalah kendala pada tempat penampungan sampah sementara sebelum dijual.

Hal tersebut sempat membuat bank sampah mati suri karena biaya operasional yang lebih besar dari pada jumlah sampah yang terkumpul.

Kader Desa Genta Si Hijau (Gerakan Tabalong Bersih & Hijau) merupakan program Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) yang sinergi dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong.
Kader Desa Genta Si Hijau (Gerakan Tabalong Bersih & Hijau) merupakan program Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) yang sinergi dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong. (Foto Adaro untuk Banjarmasin Postgroup)

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved