Breaking News:

Berita Banjarbaru

Mahasiswa Psikologi FK ULM KKN Daring di Guntung Manggis Banjarbaru, Begini Tanggapannya

Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran ULM lakukan KKN Daring berlandaskan ilmu kesehatan jiwa dengan sasaran masyarakat terdampak Covid-19.

istimewa
Kegiatan KKN Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran ULM 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pandemi covid-19 menyebabkan kalangan masyarakat bawah hingga kalangan atas merasakan dampak secara umum yang tidak lepas juga merasakan dampak secara psikis.

Atas fenomena yang terjadi, Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran ULM melakukan KKN Daring sejak 8 Juli 2020 dengan berlandaskan ilmu kesehatan jiwa dengan sasaran masyarakat yang terdampak Covid-19.

Rizky Ramadhan, Ketua Kelompok 7 KKN Daring, mengatakan, mereka melihat keadaan di lapangan bahwa daerah yang mereka tuju masih tidak siap dalam tindakan preventif menghadapi Covid-19.

"Masih banyak warga yang tidak menyediakan protokol kesehatan di depan rumah dan tidak adanya upaya penyemprotan disenfektan untuk mengurangi penyebaran virus, sehingga kami ingin melakukan kegiatan atas dasar membangun kesadaran warga terhadap bahaya Vovid-19 tentunya sesuai arahan dari Panitia Pelaksana KKN Daring Progran Studi Psikologi 2020,” ujarnya.

Pembenihan Udang Galah di BBI Pulau Salak Tanahbumbu Dinilai Paling Berhasil, Ini Tantangannya

Pemkab Kotabaru Ancam Cabut Izin Usaha, Bila Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Sebentar Lagi Tiba Muharam Tahun Baru Islam 1442 H, Berikut Keutamaan dan Anjuran Amaliahnya

Dampak psikologis menjadi sasaran utama Kelompok 7 KKN Daring atas kecemasan yang dirasakan masyarakat karena kasus Covid-19 yang semakin tinggi khususnya di kelurahan Guntung Manggis dan Landasan Ulin, Banjarbaru.

Pemberlakuan PSBB hingga memasuki era New Normal dengan tujuan mengurangi penyebaran virus memang banyak memberikan dampak positif dan juga dampak negatif di masyarakat.

Nurul Hikmah, Anggota KKN Daring, mengungkapkan, hasil survei secara online, masyarakat mengeluhkan berbagai permasalahan dan perlu melakukan adaptasi dengan perubahan yang terjadi selama masa pandemi.

"Dengan adanya permasalahan tersebut, Kami membuat rangkaian program sesuai tema yaitu Psikoedukasi Berbasis Daring sebagai Tindakan Preventif dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan New Normal dengan tujuan masyarkat lebih siap menghadapi era New Normal” jelas Hikmah.

Sambungnya, warga setempat juga mengatakan, mereka kurang mendapat sosialiasi dari pemerintah sehingga warga merasa terbantu sedikit demi sedikit dengan adanya kegiatan sharing Session dan mulai mempersiapkan diri menghadapi era new normal.

Sebagaimana Kaspul Anwar, Ketua RT3 RW6 Kelurahan Guntung Manggis, menyampaikan, bahwa dengan adanya program KKN yang dilaksanakan kelompok 7 KKN Daring Psikologi FK ULM, warga merasa terbantu dengan kegiatan-kegiatan yang mereka laksanakan seperti sharing session.

"Ilmunya sangat bermanfaat bagi masyarakat di sini, mereka juga memberikan alat-alat kebersihan dan spanduk edukasi” terang Kaspul.

Siti Rizky Al-Fatihah, Anggota KKN Daring, mengatakan, besar harapan dengan adanya program edukasi sharing session melalui Instagram @kknsuper dan bantuan dari mereka dapat membawa manfaat untuk warga sekitar serta membangun kesadaran dari diri sendiri dan masyarakat pada umumnya tebtabg bahaya Covid-19.

"Membangun kesadaran dimulai dari kamu. Kamu dan aku untuk kita semua, bersama Mahasiswa Psikologi FK ULM” tandas Rizky.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved