Breaking News:

Karhutla

19 Hot Spot Terpantau di Kabupaten Banjar dan Kurau Tanahlaut

Bukan hanya satu titik, tapi ada 10 titik lebih asap yang disebabkan kebakaran hutan di areal perbukitan yang mulai terbakar.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: M.Risman Noor
nurholis huda
Kebakaran Rawa di Kawasan Kurau Batibati Tanahlaut begitu masif sehingga diperlukan water boombing (2) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kepulan asap putih membumbung tinggi dari balik bukit Aranio Kabupaten Banjar, Minggu (16/8/2020) siang. Bukan hanya satu titik, tapi ada 10 titik lebih asap yang disebabkan kebakaran hutan di areal perbukitan yang mulai terbakar. 

Itu terekam jelas ketika jurnalis Banjarmasinpost ikut dalam heli patroli sewan BNPB yang dikoordinasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel. 

Heli patroli jenis MTV itu ditengara baru datang (bergeser) dari Balikpapan ke Syamsudin Noor Banjarmasin dan langsung dioperasikan mengitari sengian wilayah di Kalimantan Selatan mencari spot kebakaran hutan dan lahan. 

Spot kebakaran karena diperbukitan, tentunya pemadaman tidak bisa dijangkau oleh Satgas darat. Sehingga memerlukan bantuan heli water boombing untuk meredakanya. 

Bahkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kalsel, Roy Rizali Anwar langsung memerintahkan via pesan singkat di WhatsApp group untuk bisa dikoordinasi ke tim heli water boombing untuk beraksi. 

"Segera heli water boombing bergerak untuk mengatasi," tandas Roy Rizali Anwar. 

Heli patroli yang dipiloti oleh Capt. Margono Soemekto, pun bermanuver ke titik lain dan mendekat ke kawasan hutan di Aranio, terekam jelas kobaran api di dalam hutan yang menimbulkan asap putih. Titik lain ini berada di Rantaubalai yang masih di kawasan Aranio Kabupaten Banjar

Setelah diabadikan foto dokumen, kemudian heli patroli bergerak lagi ke kawasan yang lainnya. Hingga sampai ada 10 lebih di lokasi pedalaman hutan di pengaron, rantau balai, aranio yang masih di Kabupaten Banjar sudah dilewati. 

Tahura Sultan Adam Siaga Karhutla, Personel Brigdal dan MPA Dirikan Posko dan Rutin Patroli

Polda Kalsel dan Gapki Sepakat Bekerjasama Cegah Karhutla

Bahkan, sebelum itu, tim Patroli juga menemukan beberapa spot di areal pertanian yang berada di Sungai Rangas Kabupaten Banjar

Selanjutnya, heli patroli bergerak di atas Kiram Kabupaten Banjar namun di  lokasi kiram aman akan asap. 
Tapi tatkala heli Patroli ke kawasan Kurau Batibati Tanahlaut, satgas udara di dalam heli menemukan kepulan asap yang cukup masif di areal penggunaan lain (APL) atau rawa di Kurau Tanahlaut tersebut. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved