Breaking News:

Berita Tanahlaut

Berbulan-bulan Senyap, Taman di Pelaihari Ini Mulai Berdenyut Lagi

Setelah berbulan-bulan sunyi sepi terdampak penerapan cegah tangkal corona virua diseases (covid-19), Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai.

Penulis: Idda Royani | Editor: M.Risman Noor
idda royani
Suasana di halaman depan RTH Kijang Mas Permai Pelaihari, Minggu (16/8) pagi, mulai ramai. Sejumlah pedagang mulai beraktivitas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Setelah berbulan-bulan sunyi sepi terdampak penerapan cegah tangkal corona virua diseases (covid-19), Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai berdenyut kembali.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Minggu (16/8/2020) pagi, suasana di taman kota yang terletak di Jalan Kolonel Soepirman tersebut mulai ramai. Meski belum seramai dulu (sebelum ada wabah covid-19), tapi setidaknya Minggu pagi kini ada 'kehidupan' lagi di ruang publik tersebut.

Tercatat sekitar belasan pedagang yang mulai beraktivitas. Umumnya adalah pedagang makanan/minuman ringan seperti pentol. Ada juga pedagang pakaian serta pedagang sewaan mainan anak/mewarnai.

"Senang juga melihat RTH ini sudah ada kehidupan lagi. Kemarin-kemarin sepi kayak kuburan, padahal dulu kan sangat ramai apalagi Minggu pagi," ucap Anton, warga Angsau, Pelaihari kepada banjarmasinpost.co.id

Kalselpedia - Tugu Kijang Mas di Batas Kota Pelaihari

Taman Anggrek Kalimantan, Anggrek Bulan Pelaihari Dibeli Kolektor Lembang Rp 125 Juta

Ia mengaku spontan singgah ketika melintasi Jalan Kolonel Soepirman dan melihat halaman depan RTH Kijang Mas Permai mulai ada aktivitas. "Tadi itu pas hendak ke rumah kawan di Atuatu. Es lihat taman mulai ramai, auto singgah," tandasnya.

Pekerja swasta ini mengaku turut gembira suasana mulai berangsur menuju kenormalan baru sehingga masyarakat dapat mulai berakrivitas mwski harus menaati protokol kesehatan.

"Kasihan juga kalau lama-lama tak boleh jualan di taman itu. Kan kalau taman ramai, kota jadi ramai pula. Banyak yang berkunjung ke taman, berputar pula roda ekonomi," sebutnya.

Rahmadi, warga Saranghalang, menuturkan hal serupa. Ia juga mengaku senang RTH Kijang Mas Permai Pelaihari mulai berdetak. "Soalnya tempatnya nyaman, luas dan sejuk rindang. Enak buat nyantai, jogging dan kulineran," sebutnya.

Sejak pekan lalu ia mengaku mulai jogging di taman kota seluas sekitar sepuluh hektare tersebut. "Setelah jogging kan enaknya makan dan minum. Kalau sekarang mulai ada pedagang yang jualan kan jadi klop," tandasnya.

Pemerintah Kabupaten Tala saat ini memang gencar menyosialisasikan new normal dan penerapan protokol kesehatan. Aktivitas di tempat publik mulai diizinkan namub dipersyaratkan menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

"Di Kalsel, Tala masih tergolong tinggi angka kasus covid-19, karena itu protokol kesehatan harus benar-benar ditaati," ucap Asisten Bidang Hukum fan Pemerintahan Pemkab Tala H Bambang Kusudarisman.(banjarmasinpost.co.id/roy)

BPOST GROUP/ROY
MULAI RAMAI - Suasana di halaman depan RTH Kijang Mas Permai Pelaihari, Minggu (16/8) pagi, mulai ramai. Sejumlah pedagang mulai beraktivitas.

--

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved