Breaking News:

Berita Nasional

PT Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Februari, Suntik 100 Relawan Per Hari

PT Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Februari dan pelaksanaan uji klinis tahap III vaksin Covid-19 mulai dilaksanakan.

PT Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Februari, Suntik 100 Relawan Per Hari
bpost edisi cetak
HL BPost edisi Minggu (16/08/2020)

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pelaksanaan uji klinis tahap III vaksin Covid-19 mulai dilaksanakan.

Sudah 100 relawan yang menjalani penyuntikan vaksi. Jumlah tersebut akan bertambah seiring dengan proses rekrutmen yang masih berlangsung.

“Nggak ada kendala berarti. Mungkin ada yang takut terhadap jarum suntik dari rekan relawan,” kata Project Integration Management Research and Development PT Bio Farma, Neni Nurainy, dalam diskusi virtual Trijaya, Sabtu (15/8).

“Mungkin sekarang sudah 100 dari target 1.620. Kami masih rekruitmen agar memenuhi kuota tersebut. Kami targetnya Desember terpenuhi,” kata dia.

SMKN 1 Martapura Raih Rekor, Satu-satunya di Kalimantan Mampu Bikin 10 Ribu Masker Merah Putih

HUT ke-75 RI Besok, Bank Indonesia Rilis Uang Baru Khusus Memperingati Kemerdekaan RI

Memperingati 100 Hari Wafatnya Guru Zuhdi, Riza Rindukan Sosok KH Ahmad Zuhdiannoor

Neni menambahkan setiap hari ditargetkan 100 relawan disuntik vaksin sehingga pada Desember 2020 target 1.620 orang rampung dikerjakan.

Dijelaskan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac, akan mulai diproduksi secara massal pada Februari 2021.

“Kalau Januari sudah dapat evaluasi data dan hasilnya baik, kami bisa produksi mulai Februari atau Maret,” ungkap Neni.

Dalam uji klinis vaksin Covid-19, Bio Farma berperan sebagai sponsor, berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI sebagai medical advisor dan pelaksanaan uji titer antibodi netralisasi.

Jumat lalu, Menteri BUMN, Erick Thohir, serta Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, bersinergi menjalankan amanah dalam Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Erick sebagai ketua dan Andika menjadi wakil ketua.

Halaman
12
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved