Breaking News:

Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Tanaman Obat Keluarga di Pekarangan Rumah, Daun Kumis Kucing Atasi Penyakit Kencing Manis

Daun tanaman kumis kucing sebagai tanaman obat keluarga yang biasa ditanam di pekarangan rumah dikenal berkhasiat mengobati penyakit kencing manis.

banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda
Tanaman kumis kucing 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Daun tanaman kumis kucing sebagai tanaman obat keluarga (toga), yang biasa ditanam di pekarangan rumah dikenal berkhasiat mengobati penyakit kencing manis.

Salah satunya di alami oleh Syarif Hidayat, dimana dia setiap hari pasti mencari daun satu ini. Warga asal Sungai Ulin Banjarbaru ini mengaku untuk mengobati ayahnya yang terserang kencing manis.

"Ya kalau ke dokter terus kami susah Jadi kami pakai herbal saja untuk menekan agar tidak kencing manis," kata Syarif Hidayat.

Diabetes mellitus atau biasa disebut penyakit kencing manis dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada organ seperti mata, ginjal, saraf, pembuluh darah dan jantung.

Subsidi Rp 600.000 di BPJS Ketenagakerjaan, Begini Cara Mencek di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Sambut HUT Kemerdekaan RI SMKN 1 Martapura Bagikan 10 Ribu Masker Hasil Kreasinya, Ini Sasarannya

Satu Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19, BKPSDM Kotabaru Swab Massal Seluruh Pegawainya

Jumlah kasus diabetes tertinggi diidap oleh penduduk usia 15 tahun ke atas, tapi hanya 30% saja yang sudah terdiagnosis. Sisanya tidak menyadari dirinya memiliki gejala awal diabetes.

Munif untuk mengobati ayahnya yang kena Diabet itu merebus daun kumis kucing itu kemudian air rebusan diminumnya.

Menurut Rosihan Anwar, ahli gizi memang ada manfaat lain adalah mencegah diabetes karena herbal rendah kalori dan memperbaiki insulin kita.

Daun Kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai menanggulangi berbagai penyakit.

Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik.

Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit.

Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis, reumatik dan menurunkan kadar glukosa darah. Selain bersifat diuretik, kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.

(banjarmasinpost.co.id/nuhholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved