Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tak Hanya Berburu Ikan, Inilah yang Dilakukan Komunitas Mancing di Banjarmasin

Memancing bersama komunitas dapat lebih mengasyikan. Perjalanan menuju spot mancing menjadi sebuah hal menarik dan meningkatkan semangat.

DOK PIHOEL BANJARMASIN
Yadi dan bambang pehobi mancing 

BANJARMASIPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memancing bersama komunitas dapat lebih mengasyikan. Perjalanan menuju spot mancing menjadi sebuah hal menarik dan meningkatkan semangat.

Pihoel adalah salah satu komunitas mancing dari Banjarmasin yang anggotanya 10 orang dan mereka sebagian besar ternyata adalah para karateka.

Yadi, Koordinator Pihoel, kemudian anggotanya Bambang dan Fajar serta beberapa anggota Pihoel lainnya adalah para pelatih karate dari perguruan Lemkari.

Bagi mereka memancing adalah hobi lain di samping berkarate. Setidaknya hobi satu ini memberikan sesuatu yang berbeda namun ada keterkaitan.

Kalselpedia: Bangunan Kotabaru Memancing Pengembangan Wilayah Perkotaan

Ansharuddin Resmi Tutup Lomba Mancing Papuyu di Balangan

"Dalam karate ada latihan mental, fisik dan teknik. Nah, saat mancing kita juga berlatih mental, fisik dan teknik," ujar Yadi.

Secara mental, harus berani menjelajah spot mancing yang seeingkali melintasi medan menantang, macam masuk rawa-rawa, naik perahu menyusur sungai, danau juga laut. Kadang bertemu binatang liar dan bermacam rintangan.

"Sampai di spot mancing, mental kita juga dilatih harus sabar menunggu umpan disambar ikan," tukas Yadi.

Secara fisik, menuju spot mancing perlu ketahahan atau stamina, sebab kerap kali harus berjalan menerobos belukar, meniti galangan sawah, menyusur tepian sungai dan sebagainya.

Begitupula saat kail dilempar ke air, menunggu umpan juga perlu daya tahan fisik yang prima. Diterpa sinar matahari, dibasahi gerimis atau diguyur hujan.

Secara strategi, memancing juga perlu perhitungan. Harus menganalisa keadaan spot mancing dan mengatur cara memancing agar berpotensi mendapatkan ikan.

Begitupula menentukan jenis ikan apa yang diburu, umpan apa yang disiapkan, joran seperti apa yang dipakai. Bagaimana menuju spot agar lebih ringkas, mudah dan aman.

"Ketika umpan disambar ikan, itu juga ada strategi bagaimana mengatur joran, mengendalikan, supaya ikan yang sudah nyangkut di mata kail dapat kita bawa ke tepi dan dimasukan ke penyimpanan," beber Yadi. 

 (banjarmasipost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved