Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pandemi Covid-19, Panti Asuhan di Kalsel Kesulitan Keuangan

lebih 117 panti asuhan yang tergabung dalam Forum tersebut banyak diantaranya yang sampai saat ini mengalami kesulitan keuangan.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
Humas DPRD Kalsel
Forum Panti Asuhan Kalsel usai beraudiensi dengan Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pandemi Covid-19 yang sudah menyebar ke Kalsel sejak Bulan Maret Tahun 2020 lalu memaksa masyarakat untuk meminimalkan pertemuan tatap muka dengan orang lain dan menghindari aktivitas berkumpul dengan orang banyak.

Akibatnya tak hanya dirasakan pada sektor ekonomi yang terhambat, namun dampak sosial juga dirasakan luas termasuk terhadap panti-panti asuhan yang ada di Kalsel.

Hal ini diungkapkan Ketua Forum Panti Asuhan se-Kalsel, H M Hanafi.

Menurut Hanafi, dari kurang lebih 117 panti asuhan yang tergabung dalam Forum tersebut banyak diantaranya yang sampai saat ini mengalami kesulitan keuangan.

Lampaui Target, Sebanyak 1.148 Orang di Kabupaten Tanahlaut Ikuti Swab Massal, Sisir Orang Berisiko

Posting Potret Jari Mungil Bayi, Rahma Azhari Sambut Kelahiran Putrinya Bersama Suami Bule

TikTok Marah Disebut Mengancam Keamanan Nasional dan Siap Gugat Kabinet Trump ke Pengadilan

Dijelaskan Hanafi, hal ini disebabkan karena merosot tajamnya jumlah kegiatan sosial atau undangan bagi para anak-anak panti asuhan di Kalsel khususnya selama Bulan Ramadan 1441 Hijriah lalu yang di Banjarmasin saat itu juga dilaksanakan PSBB.

Dimana yang biasanya ada belasan bahkan puluhan kunjungan atau undangan untuk anak-anak panti asuhan selama Ramadan, turun drastis dan dapat dihitung dengan jari.

Otomatis, jumlah donasi yang diterima pun merosot.

"Ya imbas dari Covid-19 yang jelas selama Ramadan karena memang tidak boleh berkumpul itu berdampak. Biasanya di Ramadan banyak yang mengundang baik instansi atau perseorangan apakah pejabat. Ya tapi di Ramadan kemarin sangat terasa sepi," kata Hanafi kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (23/8/2020).

Bukannya tidak bersyukur dengan bantuan yang ada, namun kata Hanafi kondisi menurunya angka donasi dari para dermawan ini memang tidak bisa ditutupi membuat banyak pengurus panti asuhan yang kesulitan memenuhi kebutuhan anak-anak asuh khususnya untuk keperluan tahun ajaran baru sekolah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved