Breaking News:

Btalk

Btalk: Investor Saham Didominasi Milenial, Begini Cara dan Syarat Berinvestasi Saham

Generasi milenial saat ini semakin banyak yang melek investasi. Berdasarkan Data Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2020, total investor didominasi usi

Banjarmasinpost.co.id/ Aya Sugianto
Program BTalk Economy Tips dan Trik Kaya Berkat Saham dengan bintang tamu Kepala BEI KP Kalsel, Yuniar dengan host jurnalis BanjarmasinPost Mariana, Senin (24/8/2020). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Generasi milenial saat ini semakin banyak yang melek investasi. Berdasarkan Data Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2020, total investor didominasi usia muda kisaran 30 tahun.

Hal ini juga termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kepala BEI KP Kalsel, Yuniar menuturkan, kalangan milenial sangat antusias mengikuti dan cukup mendominasi setiap kegiatan edukasi yang dilaksanakan oleh BEI Kantor Perwakilan (KP) Kalsel.

Tercatat sebesar 32 persen investor saham di Kalsel dihuni mahasiswa dan pelajar yang mana masuk kategori milenial.

"Cara berinvestasi saham cukup mudah, pertama mengisi fomulir pembukaan rekening saham perusahaan sekuritas, kemudian mengisi formulir pembukaan rekening dana nasabah di Bank, dan menyiapkan Identitas KTP. Serta dana Rp 100.000 yang kemudian dikonversi menjadi rekening saham, hal ini membuat para milenial cenderung mendominasi karena melek digital," jelasnya dalam program BTalk, Senin (24/8/2020).

Botok Campur Ikan Teri, Lebih Nikmat Bikinan Sendiri

Kapolresta Banjarmasin Ingatkan Anggota Gencarkan Sosialisasi Perwali Tentang Covid

Ini Panduan Video Call Hingga 50 Orang di Whatsapp Web, Gratis dan Tanpa Batas Waktu

Wanita Ini Disebut-sebut Bisa Hambat Pernikahan Aurel dengan Atta, Pernah Hampir Bunuh Diri

Menurutnya, pada dasarnya milenial lebih mudah dalam memahami dan sangat berpotensi karena merekalah cikal bakal penerus, sehingga milenial wajib dibekali dengan wawasan yang tepat dan benar agar sebagai penerus mereka memberikan informasi yang tepat di masa yang akan datang.

Dalam mengembangkan investasi pasar modal khususnya saham, BEI KP Kalsel terus menghadirkan serangkaian kegiatan edukasi bagi calon investor. Terlebih di masa pandemi yang tidak bisa berkegiatan tatap muka, sosialisasi dan kelas-kelas edukasi dilaksanakan secara daring.

"Total kegiatan online yang kami jalankan hingga Juli 2020 mencapai 204 kegiatan dan kami juga mengadakan edukasi online untuk sosialisasi go public bagi para perusahaan lokal yang berminat mencari tahu tentan IPO atau melantai di pasar saham. Bila ditotal dengan ragam kegiatan tersebut menjadi sekitar 213 kegiatan," ungkapnya.

Perkembangan investor di Kalsel dari data KSEI terbaru per Juni 2020, terdapat 13.213 investor saham di Kalsel. Jumlah ini meningkat 11 persen dari akhir tahun 2019.

Selama Pandemi, dihitung periode Maret-Juli 2020 terdapat penambahan investor baru (SID) sebanyak 3.269 orang yang lebih tinggi dibanding Januari dan Februari 2020 atau sebelum pandemi melanda.

Program BTalk Economy Tips dan Trik Kaya Berkat Saham dengan bintang tamu Kepala BEI KP Kalsel, Yuniar dengan host jurnalis BanjarmasinPost Mariana,  Senin (24/8/2020).
Program BTalk Economy Tips dan Trik Kaya Berkat Saham dengan bintang tamu Kepala BEI KP Kalsel, Yuniar dengan host jurnalis BanjarmasinPost Mariana, Senin (24/8/2020). (Banjarmasinpost.co.id/ Aya Sugianto)
Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved