Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

OJK dan Pemkab Tala Gencar Berantas Rentenir, Berkedok Pinjaman Online

OJK memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Tanahaut dalam langkah konkret pemberangusan rentenir.

OJK Regional IX Kalimantan untuk BPost
Pengukuhan TPAKD Tala oleh OJK Regional IX Kalimantan. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Tanahaut dalam langkah konkret pemberangusan rentenir.

Hal tersebut dijalankan Pemkab Tala melalui program Gapura Karomah yang dikelola Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tala.

"Gapura Karomah dengan sasaran masyarakat ekonomi lemah selanjutnya dapat melakukan pinjaman permodalan dengan bunga nol persen, namun tentunya harus melengkapi persyaratan yang tidak begitu sulit," jelas Bupati Tala, HM Sukamta melalui rilis yang diterima Banjarmasinpost.co.id.

Bersama Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim Pemkab Tala menggelar dialog secara daring dengan Deputi Komisioner dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, Senin (24/8/2020).

Lindungi UMKM dari Rentenir dan Fintech Ilegal Ditengah Pandemi, OJK Bentuk 16 TPAKD

Puluhan Rentenir Masih Ada di Pasar Keramat Barabai, Pemkab HST Ingin Kerjasama dengan Kemenag

Cegah Praktik Rentenir, TPAKD Kalteng Gelar Business Matching

Dalam kesempatan itu, Sarjito menyebutkan langkah Pemkab Tala dalam memberangus rentenir adalah langkah yang tepat terlebih di masa pandemi yang mana banyak bermunculan rentenir berkedok pinjaman online yang perlu diwaspadai.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menyebutkan, salah satu faktor yang membuat rentenir tetap bertahan di masyarakat adalah persyaratan yang terbilang mudah dan tanpa jaminan.

Ia melanjutkan, pada dasarnya praktik rentenir tidak menyalahi aturan, tetapi lebih kepada etika. Apalagi iklim dari praktik rentenir terjadi dengan saling menguntungkan sehingga sulit untuk dihilangkan keberadaannya di masyarakat. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved