Berita Banjarmasin

VIDEO Masih Pandemi, PKKMB Tahun Ajaran 2020/2021 Politeknik Negeri Banjarmasin Digelar Virtual

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 Politeknik Negeri Banjarmasin dilaksanakan secara virtual

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, tahapan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 Politeknik Negeri Banjarmasin dilaksanakan secara virtual, Senin (24/8/2020).

Jika biasanya PKKMB dilakukan secara langsung dengan mengajak para mahasiswa baru mengenali lingkungan dan gedung-gedung perkuliahan, namun tahun ini tahapan tersebut dilakukan melalui layar kaca dan sorotan kamera.

Hal ini dilakukan untuk menekan potensi penyebaran covid-19 yang masih juga menjadi ancaman bagi Kota Banjarmasin dan Provinsi Kalsel secara umum.

VIDEO Warga Mentaya Seberang Kotim Kalteng Masih Menyukai Kelotok sebagai Transportasi Penyeberangan

VIDEO Sejarah Berdirinya SMPN 7 Banjarmasin, Ternyata Gabungan dari Sekolah Swasta Ini

Dihadiri Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Joni Riadi, ST., MT, ribuan mahasiswa baru yang diterima di berbagai program studi (Prodi) di Politeknik Negeri Banjarmasin dipaparkan berbagai informasi penting terkait perkuliahan.

Yaitu terkait bidang akademik, administrasi keuangan, kemahasiswaan hingga bidang kerjasama yang dijalin Politeknik Negeri Banjarmasin dengan berbagai pihak yang tentu menjadi benefit bagi para mahasiswanya.

"Ini dilakukan supaya mahasiswa bisa memhami bagaimana sistem kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin," kata Joni.

Dalam PKKMB virtual yang juga menghadirkan Wakil Direktur (Wadir) I Bidang Akademik, H Ahmad Rizani ST., MT, Wadir II Bidang Administrasi Umum, Riswan Yunida SE., MM, Wadir III Bidang Kemahasiswaan, Dra Hj Nurhidayati M.Pd dan Wadir IV Bidang Kerjasama, H M Syafwansyah Efendi ST., MT ini juga digelar sesi tanya jawab.

Dijelaskan Joni, ada sebanyak 1.283 mahasiswa baru yang diterima di Politeknik Negeri Banjarmasin tahun ini, dimana jumlah ini melebihi target penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan yaitu 1.100 mahasiswa.

"Mahasiswa yang diterima tahun ini 1.283 hampir mendekati 1.300. Target kami memang sebenarnya 1.100 tapi alhamdulillah ini melebihi target," kata Joni kepada Banjarmasinpost.co.id usai memimpin PKKMB virtual, Senin (24/8/2020).

Pada TA 2020/2021 ini kata Joni, Prodi Teknik Informatika, Manajemen Informasi, Teknik Sipil dan Administrasi Bisnis menjadi Prodi yang paling diminati di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Terkait perkuliahan, menurut Joni pihaknya akan memaksimalkan teknologi informasi untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara virtual.

"Karena kalau di kondisi normal kegiatan belajar mengajar tatap muka, tapi karena kondisi seperti ini demi kesehatan dan keselamatan bersama, kegiatan proses belajar mengajar terutama teori kita laksanakan secara daring," kata Joni.

Namun jika pandemi covid-19 tidak juga segera berakhir, pihaknya akan mengondisikan proses perkuliahan praktek secara bergantian bagi mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pasalnya kata Joni, keberlangsungan proses perkuliahan praktek sangat penting bagi Politeknik Negeri Banjarmasin dan bisa berpengaruh pada kualitas lulusannya.

"Misalnya tidak selesai di tahun ini kami akan lakukan pembatasan jumlah, karena kami tetap memperhatikan kualitas lulusan kami. Praktek bisa dilakukan di lab atau di bengkel dengan jumlah yang disesuaikan tapi tentu waktunya akan lebih panjang diatur menyesuaiakan kondisi," paparnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved