Breaking News:

Berita Kesehatan

Belajar Selama PJJ Efektif dan Menyenangkan bagi Anak, Begini Kiat-kiatnya

usia sekolah dasar yakni 6-12 tahun, merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak-anak

banjarmasinpost.co.id/mariana
Praktisi pendidikan dan komunikasi, Vivid F Argarini, berikan pemaparan dalam konferensi pers virtual HiLo School Learn & Play 2020, Kamis (27/8/2020) 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki akhir Agustus 2020, pandemi covid-19 belum kunjung berakhir, pembelajaran jarak jauh (PJJ) pun masih diberlakukan bagi anak-anak pelajar di seluruh Indonesia.

Adanya sistem pembelajaran PJJ ini tak sedikit membuat para orangtua kerepotan atau bahkan bosan.

Terlebih belum diperkirakan akan berlangsung hingga waktu yang lama seiring meredanya covid-19

Praktisi pendidikan dan komunikasi, Vivid F Argarini, mengatakan usia sekolah dasar yakni 6-12 tahun, merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak-anak.

"Pandemi covid-19 sangat mempengaruhi cara belajar anak-anak. Mereka perlu mendapatkan dukungan dan pendampingan lebih dari orangtua, keluarga, guru, dan sekolah, untuk memastikan mereka dapat belajar dan bertumbuh dengan baik, mulai dari kesehatan fisik, interaksi sosial, serta pengembangan logika dan kreativitas," terang Vivid dalam konferensi pers virtual HiLo School Learn & Play 2020, Kamis (27/8/2020).

Bukan dengan Lesty Kejora! Rizky Billar Ingin Nikahi Penyanyi Ini, Nama Ashanty & Anang Terbawa

Ucapan Faisal Nasimuddin pada Luna Maya yang Ultah Disorot, Fakta Status Hubungannya Kini Terungkap

ANCAMAN Allah SWT Bagi Pelaku Karhutla, Ustaz Abdul Somad Sebut Dosa Besar Ini Bagi Pembakaran Lahan

Dikatakannya, program pembelajaran yang baik adalah yang melatih anak terkait keahlian masa depan, seperti problem solving, pembuatan keputusan, kolaborasi, networking, komunikasi, kreativitas, kemampuan analisis mendalam dan berpikir kritis, serta pengertian lintas budaya, serta yang sangat penting yaitu manners atau sikap.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu anak-anak mempersiapkan diri menghadapi dunia yang semakin kompleks dan menantang. Itulah mengapa kegiatan belajar harus menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka, sehingga anak-anak dapat bertumbuh optimal.

Vivid membagikan sejumlah kiat mendampingi belajar anak selama PJJ.

Di antaranya lakukan time management yang baik antara pekerjaan rumah, pekerjaan kantor bagi ibu bekerja, maupun saat mendampingi anak belajar.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved