Breaking News:

Berita Ekonomi dan Bisnis

Sewa Baju Adat di Banjarmasin Sepi, Penghasilan Menurun Hingga 70 Persen

Mewabahnya Covid-19 termyata berdampak juga bagi pelaku bisnis penyewaan baju adat dan profesi yang ada di Banua.

Sewa Baju Adat di Banjarmasin Sepi, Penghasilan Menurun Hingga 70 Persen
Rieky Liana untuk Banjarmasin Post
Sewa baju adat dan profesi milik Rieky Liana

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mewabahnya Covid-19 termyata berdampak juga bagi pelaku bisnis penyewaan baju adat dan profesi yang ada di Banua.

"Sejak April lalu, sepi sekali orang menyewa baju adat, karena tidak ada acara lomba maupun carnaval. Penurunanmya hingga mencapai 70 persen," Rieky Liana, pelaku usaha bisnis penyewaan baju adat dan profesi ini kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (28/8/2020).

Baru, lanjut dia, di bulan Agustus tadi ada lumayan sedikit pemasukan yang menyewa baju di tempatnya, walau pun tidak sebanyak tahun lalu.

Menurut Liana, sebelum pandemi Corona, bila ada event seperti bulan April atau Agustus atau November, penghasilan per bulannya bisa mencapai Rp 10 juta sampai Rp 15 juta. Namun, di hari biasa, hanya Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per bulannya.

Ada pun baju yang disewakan di Bianca Collection seperti baju-baju kemerdekaan, baju adat Banjar, baju adat Palembang, NTT, Papua, kebaya Jawa, baju pahlawan Teuku Umar, baju profesi pemadam kebakaran, kostum tentara, jas dan lain-lain.

Kebijakan Pemulihan Ekonomi, OJK Catat Kinerja Industri Jasa Keuangan Lebih Optimal

Ketua DPRD Kotabaru Ajak Eksekutif Kembangkan Destinasi Wisata Goa Lowo Dongkrak Ekonomi Masyarakat

"Kalau sewa baju profesi anak sewanya Rp 50.000, baju adat anak Rp 75.000 sudah lengkap accesories, sedangkan yang dewasa sewanya mulai  Rp150.000," ungkapnya.

Dia berharap, setelah corona cepat berlalu, sehingga usaha bisnis kembali normal. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved