Breaking News:

Cagar Budaya Rumah Adat Banjar

Travel: Rumah Banjar Ini Punya Tempat Pingitan Anak Perempuan

Menarik dari bangunan rumah adat Banjar Gajah Baliku. Pasalnya di dalamnya terdapat ruang pingitan. Ruang yang digunakan untuk memingit anak gadis ya

Banjarmasinpost.co.id/milna sari
Abu Najib memperlihatkan ruanh pingitan di Desa Teluk Selong Ulu Martapura Barat Kabupaten Banjar 

Editor: Edi Nugroho

Banjarmasinpost.co.id, Martapura - Menarik dari bangunan rumah adat Banjar Gajah Baliku. Pasalnya di dalamnya terdapat ruang pingitan. Ruang yang digunakan untuk memingit anak gadis yang akan menikah tersebut berada di balkon dalam ruangan.

Diantara lantai dan juga atap rumah terdapat ruangan terbuka yang dahulu dijadikan tempat untuk calon pengantin perempuan.

Menurut pemilik rumah ini, Abu Najib, tempat ini dulu merupakan wadah calon pengantin perempuan Banjar dipingit sebelum hari pernikahannya tiba.

Batal Usung Kadernya di Pilkada Banjarbaru 2020, Gerindra Duetkan Aditya-Wartono

Pada ruangan itu itu calon pengantin melakukan berbagai aktifitas hariannya seperti makan, tidur, menjalani ritual batimung (mandi uap), balulur (luluran), dan aktifitas lainnya menjelang pernikahannya. Sebelum hari pernikahan tiba, dia tak boleh turun dari loteng itu.

Sekarang, kendati aktifitas itu masih banyak dilakukan calon pengantin perempuan Banjar, namun tidak lagi di atas loteng rumah karena rumah adatnya sudah banyak yang punah, makanya oleh pemiliknya loteng ini difungsikan sebagai gudang.
(Banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved