Breaking News:

Kriminalitas Regional

Kecewa Hasil Tes CPNS 2018, Massa Bakar Kantor BKD Mamberamo Raya Papua, Juga Rusak Kantor KPU

Massa di Papua yang marah tidak hanya melakukan tindakan anarkis dengan membakar kantor BKD Mamberamo Raya, tapi juga merusak kantor KPU setempat

Thinkstock
Ilustrasi Kebakaran. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAYAPURA - Akibat kecewa dangan hasil Tes CPNS 2018, massa di Papua merusak dan membakar Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Mamberamo Raya, Jumat (28/8/2020) siang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menjelaskan, sekitar pukul 10.00 WIT massa mulai berdatangan ke kantor BKD di Distrik Kasonaweja.

Dalam perjalanan mereka juga sempat melempar beberapa fasilitas pemerintah.

"Setiba di kantor BKD, massa meminta untuk menemui panitia penyelenggara tes PNS. Namun, karena tidak bertemu, massa lalu kecewa dan melampiaskan kemarahannya dengan melakukan perusakan dan pembakaran kantor BKD," ujar Kamal saat dihubungi, Jumat.

Bisa Beli 1 Pemain di Bursa Transfer 2020, Liverpool Bakal Gagal Pertahankan Gelar Liga Inggris

Jadwal Arsenal Vs Liverpool Community Shield Malam Ini, Live Streaming beIN Sports 2

Piala Asia U-19 2020 Uzbekistan Kemungkinan Dibatalkan, PSSI: Timnas Indonesia Malam Ini ke Kroasia

Kamal menyesalkan aksi pembakaran tersebut. Dia menilai sebenarnya hal itu bisa dicegah jika panitia penerimaan CPNS Mamberamo Raya mau berkoordinasi dengan aparat keamanan.

"Sebenarnya aksi pembakaran ini bisa kami cegah. Namun, pihak panitia penyelenggara tes PNS ini tidak pernah memberikan kami informasi terkait kapan pengumuman akan dilaksanakan, sehingga kami pihak kepolisian baru mengetahui setelah adanya mobilisasi massa dalam jumlah besar menuju ke kantor BKD," kata dia.

Selain membakar kantor BKD, massa juga sempat merusak kantor KPU. Kaca di bangunan tersebut pecah karena lemparan batu.

Kamal mengatakan, pasca-pembakaran dan perusakan, situasi di Distrik Kasonaweja relatif kondusif.

Sebagian besar massa telah kembali ke rumah masing-masing. Namun, aparat gabungan masih terus disiagakan di beberapa titik.

“Hingga kini kita masih siaga di beberapa titik untuk menjaga kamtibmas di sana. Pada umumnya situasi di sana sudah mulai kondusif," kata Kamal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Protes Hasil Tes CPNS, Massa Bakar Kantor BKD Mamberamo Raya, Papua", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved