Berita Banjarmasin

UIN Antasari Banjarmasin Gelar Wisuda Virtual, Rektor Ingatkan Hal ini

Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari hari ini Sabtu (29/8/2020) pagi menggelar Wisuda Diploma dan Sarjana ke-68 dan Wisuda Magister dan Doktor

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Rektor UIN Antasari, Prof Dr Mujibburahman melakukan prosesi pemindahan tali toga. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari hari ini Sabtu (29/8/2020) pagi menggelar Wisuda Diploma dan Sarjana ke-68 dan Wisuda Magister dan Doktor ke-38.

Wisuda dilaksanakan secara virtual, dari lantai tiga Gedung Rektorat dan turut diwakili oleh perwakilan dari tujuh lulusan terbaik.

Dalam wisuda ini, tercatat ada sebanyak 400 orang yang diwisuda, terdiri atas Pascasarjana Doktor, Pascasarjana Magister, Sarjana dan Diploma III dari lima fakultas yang ada dan juga pascasarjana.

Prosesi wisuda dilakukan dengan pemindahan tali toga kepada enam dari tujuh lulusan terbaik, yang dilakukan oleh Rektor UIN Antasari, Prof Dr Mujiburrahman.

Nasib Black Panther 2 Pasca Chadwick Boseman Meninggal Dunia, Apa Keputusan Marvel Studios?

Hari Ini Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5, Burun Periksa Nama Kamu di www.prakerja.go.id!

Setelah itu, prosesi wisuda dilakukan per fakultas dan dipimpin oleh masing-masing Dekan, dan seluruh wisudawan/wati diminta memindah sendiri tali toga dari kiri ke ke kanan.

"Adanya pandemi covid-19 jangan sampai menjadi penghalang untuk proses kegiatan akademik di UIN Antasari. Dan untuk pertama kali memang dilaksanakan wisuda secara virtual ini. Alhamdulillah berjalan lancar, dan tentu ini tidak mengurangi nilai dan maknanya," ujar Prof Dr HA Hafiz Anshari selaku Ketua Senat Al Jamiah UIN Antasari.

Sementara itu Rektor UIN Antasari, Prof Dr Mujiburahman menerangkan kegiatan wisuda kali ini dilakukan sedikit lebih unik dibandingkan yang lainnya.

"Agak sedikit unik dari yang lain karena ada secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Karena mahasiswa ingin ada foto kenangan, jadi sebelumnya kami jadwalkan mereka berfoto bersama dekan di fakultas masing-masing secara bergantian. Kalau orang kawin ada prewedding, ini anggaplah pregraduation foto," katanya.

Tantangan tersendiri dihadapi oleh wisudawan/wati karena seperti diketahui mereka lulus di tengah pandemi covid-19.

Untuk itulah Mujiburrahman berharap mereka yang sudah diwisuda ini bisa lebih kreatif untuk menghadapi setiap tantangan.

"Saya berharap jadi orang kreatif. Harusnya tantangan mendorong kita mencari alternatif jalan keluar. Tidak boleh ketemu jalan buntu kemudian berlama-lama disitu, kita harus bali kanan dan cari jalan lain. Itulah ciri seorang sarjana yang tidak sekadar titel dan berbaju toga saja," katanya.

Tidak kalah penting dia mengingatkan agar wisudawan/wati ini tetap menjaga jati diri almameternya.

"Jangan melupakan ciri khas UIN Antasari yang berakhlak islami. Saya yakin dengan menjaga akhlak yang islami itu hidup mereka akan berhasil berguna bermanfaat dan berbahagia dunia akhirat.

(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved