Breaking News:

LIfestyle

Juara 3 Duta Genre Kalsel 2020 Ini Prihatin Masalah Kaum Remaja, Jelasnya BanyakTrauma Pengasuhan

Rima Nur Anjani, Juara 3 Duta Generasi Berencana Kalsel 2020, mengatakan permasalahan paling menonjol di kalangan remaja yakni trauma pengasuhan.

Juara 3 Duta Genre Kalsel 2020 Ini Prihatin Masalah Kaum Remaja, Jelasnya BanyakTrauma Pengasuhan
istimewa
Rima Nur Anjani

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID - Di zaman milenial ini permasalahan remaja kian kompleks. Tentunya perlu perhatian dan penanganan dari semua pihak untuk menyelamatkan generasi muda bangsa.

Rima Nur Anjani, Juara 3 Duta Generasi Berencana, Duta Genre Kalsel 2020, mengatakan, selama bergabung di lapangan baik di komunitas maupun organisasi, permasalahan paling menonjol di kalangan remaja adalah perihal trauma pengasuhan.

"Alhamdulillah, selama setahun terakhir Rima sudah aktif menyuaran kesehatan mental di Kalsel," ujar mahasiswi Prodi Psikologi, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru ini.

VIDEO Tim Gabungan Aparat Razia Masker di Pusat Pasar Kota Banjarmasin, Ada Warga Berontak Dirazia

Ketua KPU Banjarbaru Ingatkan Bapaslon Tentang Ini Saat Mendaftar

CBU Yamaha MT-07 dan MT-09 2020 Resmi Meluncur, Yamaha Indonesia Lengkapi MT Series

Cukup banyak yang jadi konselor sebaya untuk teman-teman Rima. Kebanyakan memang permasalahan yang mereka alami adalah masalah berupa konflik dengan orangtua yang ujungnya mereka larikan pada hal negatif antara lain seks di luar nikah, minuman keras, nge-lem, dan sebagainya.

'Itulah kenapa Rima gencar menyuarakan isu kesehatan mental di Kalsel," ujar gadis kelahiran Banjarmasin, 30 April 1998, anak dari pasangan Noorlaila dan Muhammad Agus Iskandar ini.

Rima juga bersama teman pernah survey sederhana untuk melihat kesehatan mental mahasiswa di Banjarmasin dan Banjarbaru. Hasilnya, rata-raya selama pandemi ini mereka merasakan stress akademik

"Saran dan masukan Rima, bahwa semua kalangan perlu memperhatikan isu kesehatan mental ini, karena hampir semua permasalahan anak dan remaja adalah kesehatan mental," tandasnya.

Selain Duta GenRe, Rima adalah peraih Awardee FK ULM Awards 2019, Founder Komunitas Literasi Banua, Southeast Asia Youth Ambassador for Peace 2019, Duta Damai Dunia Maya Kalimantan Selatan 2017.

Rima juga Juara 1 Kementerian Lingkungan Hidup Remaja (KLHR) Tahun 2015, Juara 1 Astra Honda Motor Best Student se-Kalimantan Selatan dan Tengah Tahun 2014.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved