Breaking News:

Berita Kalteng

Persiapkan Pengamanan Pilkada, Polres Kapuas Kalteng Gelar Simulasi Sispamkota

Polres Kapuas menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Jalan Maluku dekat Stadion Panunjung Tarung Kualakapuas

banjarmasinpost.co.id/fadly setia rahman
Simulasi Sispamkota digelar Polres Kapuas di Jalan Maluku dekat Stadion Panunjung Tarung Kualakapuas, Selasa (1/9/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Mengantisipasi gangguan Kambtimbas menjelang Pilkada, Polres Kapuas menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota)  di Jalan Maluku dekat Stadion Panunjung Tarung Kualakapuas, Selasa (1/9/2020).

Saat simulasi Sispamkota Operasi Kepolisian Kewilayahan Mantap Praja Telabang 2020, dilakukan skenario pengamanan ketika terjadi rusuh masa saat penghitungan suara.

Dimana disimulasikan ada kelompok pendukung yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU).

Pihak pengamanan dari Polres Kapuas pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Dukung Polres Kapuas Amankan Pilkada, Kodim 1011/Klk Siapkan Personel Satu SSK

Pembobol Warung Diamankan Satreskrim Polres Kapuas, Begini Kronologinya

Mulai dari formasi dalmas awal dan melibatkan Polwan Polres Kapuas sebagai bagian dari tim negosiator.

Hingga diturunkan mobil water cannon mengurai masa yang disimulasikan anarkis hingga tim raimas atau pengurai massa untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Saat simulasi Sispamkota, disaksikan langsung Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Dandim 1011/Klk, Letkol Inf Ary Bayu Saputro hingga dari KPU dan Bawaslu.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti ditemui usai kegiatan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu sebagai persiapan pengamanan Pilkada 2020.

"Kami melaksanakan simulasi pengamanan Pilkada, mempersiapkan diri dalam hal pengamanan, menghadapi rangkaian Pilkada yang sebentar lagi tahapannya berjalan," kata Manang.

Pilkada Kalteng 2020 - Bupati Kapuas dan Mantan Bupati Kobar Berpasangan Siap Maju di Pilgub

Jadi, lanjutnya, saat kegiatan sudah disimulasikan mulai dari situasi aman sampai dengan kontigensi dan apabila konflik sosial terjadi. "Pada intinya, kami siap melakukan pengamanan Pilkada 2020," ujarnya.

Dilanjutkan Manang, Jumlah personel dilibatkan kurang lebih 400 orang. "Kita semua tentu berharap, semoga Pilkada 2020 di Kalteng, dan wilayah Kapuas khususnya bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved